Olok-olok Korban Gempa Bumi Turki-Suriah, Charlie Hebdo Tuai Kecaman

Kamis, 09 Februari 2023 - 06:02 WIB
loading...
Olok-olok Korban Gempa Bumi Turki-Suriah, Charlie Hebdo Tuai Kecaman
Olok-olok korban gempa bumi Turki-Suriah, Charlie Hebdo tuai kecaman. Foto/Twitter@Charlie_Hebdo_
A A A
PARIS - Majalah satir Charlie Hebdo kembali menuai kecaman global. Majalah yang berbasis di Prancis itu dianggap tidak sensitif setelah mengolok-olok korban gempa bumi di Turki dan Suriah dalam kartun terbaru mereka.

Charlie Hebdo selama ini dikenal dengan kartun satirnya yang rasis dan tidak sensitif. Terkait bencana gempa bumi di Turki dan Suriah, majalah itu membagikan "Kartun Hari Ini" di Twitter hanya beberapa jam setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter terjadi di Turki pada Senin lalu.

Kartun itu memperlihatkan bangunan yang rusak, mobil yang terguling, dan bukit-bukit puing dan bertuliskan: “Gempa bumi di Turki. Bahkan [tidak] perlu mengirim tank.”

Penerbitan kartun ini menimbulkan reaksi keras di media sosial, dengan banyak orang, termasuk tokoh masyarakat, mengutuk tindakan majalah tersebut.

Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, berceloteh di Twitter untuk mengungkapkan kecamannya.



“Orang barbar modern! Tenggelam dalam amarah dan kebencianmu,” katanya seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (9/2/2023).

Sementara itu, Abdurrahim Boynukalin, seorang politisi Turki dan perwakilan Partai AK di London, berkomentar bahwa Charlie Hebdo tidak menunjukkan batasan dalam mengejar kontroversi.

Pengguna Twitter @QasimRashid berkata: “7100+ orang, kebanyakan Muslim, tewas dalam gempa bumi 500 tahun di Turki dan Suriah ini, dan respons perayaan dari Charlie Hebdo adalah 'Bahkan tidak perlu mengirim tank!' Kain supremasi kulit putih yang menjijikkan ini merayakan kematian massal umat Islam. Rasisme Prancis ditampilkan secara penuh."

“Kebencian & Islamofobia pada puncaknya ketika bencana alam menarik reaksi semacam ini dari Charlie Hebdo! Memuakkan sampai ke intinya. Menunggu untuk mendengar suara kecaman dari Eropa,” cuit netizen lain dengan akun @ShireenMazari1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)