Ada Indikasi Putin Suplai Rudal yang Menembak Jatuh Pesawat MH-17

Kamis, 09 Februari 2023 - 04:18 WIB
loading...
A A A
Namun tim investigator internasional menambahkan tidak diketahui apakah permintaan tersebut secara eksplisit menyebutkan sistem yang digunakan untuk menembak jatuh MH17.

"Meskipun kami berbicara tentang indikasi kuat, bukti lengkap dan konklusif yang tinggi tidak tercapai," kata para penyelidik.

"Selain itu, Presiden menikmati kekebalan dalam posisinya sebagai Kepala Negara," sambung tim penyelidik.

Tim Investigasi Gabungan (JIT) terdiri dari anggota dari Belanda, Australia, Belgia, Malaysia, dan Ukraina - negara-negara yang paling parah terkena dampak penembakan MH17.

Tim tersebut ingin membuktikan identitas awak rudal tersebut, dan siapa yang berada dalam rantai komando, namun mengakui hal itu tidak mungkin dilakukan untuk saat ini.

"Kami akan berusaha menggunakan semua mekanisme hukum internasional yang ada untuk membawa (Putin) ke pengadilan terkait MH17," kata Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin.

Piet Ploeg kehilangan saudara laki-lakinya, istri saudara laki-lakinya, dan keponakannya di MH17. Dia mengatakan dia senang jaksa telah meletakkan bukti mereka untuk keterlibatan Putin.



"Semua berita yang kami dengar tentang Putin dan keterlibatan pribadinya dalam menjatuhkan MH17 - memfasilitasi dengan senjata berat, fakta bahwa dia memutuskan secara pribadi untuk menyerahkan senjata berat ... kami selalu mengira dia melakukannya, tetapi sekarang kami mendengar dia melakukannya," katanya kepada BBC.

"Dia tidak bisa dituntut karena dia kepala negara, tapi dunia tahu," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)