Tunjukkan Solidaritas pada Turki, Anggota NATO Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Rabu, 08 Februari 2023 - 07:45 WIB
loading...
Tunjukkan Solidaritas pada Turki, Anggota NATO Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Negara anggota NATO kibarkan bendera setengah tiang untuk menunjukkan solidaritas pada Turki. FOTO/Anadolu Agency
A A A
BRUSSELS - Negara-negara anggota NATO menurunkan bendera mereka menjadi setengah tiang di markas besar aliansi di Brussel. Sikap ini untuk menunjukkan solidaritas dengan Ankara, setelah gempa bumi dahsyat melanda Turki selatan pada awal pekan ini.

"Semua bendera di Markas Besar NATO dikibarkan setengah tiang hari ini sebagai solidaritas dengan Sekutu kami #TĂĽrkiye," kata NATO di Twitter. Aliansi itu juga membagikan foto bendera negara-negara anggota yang diturunkan di Brussel.



Dalam sebuah pernyataan, NATO mengatakan bahwa sekutu dan mitra memberikan berbagai bentuk bantuan, termasuk tim SAR dengan anjing penyelamat, serta ahli seismik.

"Pada saat yang mengerikan ini, kami berdiri dalam solidaritas dengan Sekutu kami Turki dan dengan semua yang terkena dampak, dan Sekutu NATO siap memberikan bantuan lebih lanjut kepada mereka yang membutuhkan," kata juru bicara NATO, Oana Lungescu, Selasa (7/2/2023).

NATO menambahkan bahwa bendera akan tetap setengah tiang sampai matahari terbenam besok untuk menghormati para korban dan solidaritas dengan Turki.



Menyuarakan solidaritas penuh dengan Turki, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa sekutu NATO memobilisasi dukungan. Komando Darat Sekutu NATO (LANDCOM) juga menyampaikan simpatinya kepada para korban gempa.

Di awal pekan ini, gempa berkekuatan 7,7 melanda provinsi Kahramanmaras. Kemudian sekitar sembilan jam kemudian, gempa berkekuatan 7,6 juga berpusat di Kahramanmaras mengguncang wilayah tersebut, mempengaruhi beberapa provinsi lain, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)