5 Wilayah yang Terkena Dampak Gempa Turki, dari Suriah hingga Israel Merasakannya

Selasa, 07 Februari 2023 - 16:38 WIB
loading...
5 Wilayah yang Terkena Dampak Gempa Turki, dari Suriah hingga Israel Merasakannya
Tim penyelamat mencari korban setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki, 6 Februari 2023. Foto/REUTERS/Sertac Kayar
A A A
ANKARA - Gempa Turki berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) yang telah meratakan beberapa wilayah ini juga dirasakan sejumlah negara di sekitarnya.

Dilansir dari BBC, Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat di kedalaman 17,9 km yang berpusat di wilayah kota Gaziantep.

Kemudian gempa kedua yang dipicu yang pertama memiliki kekuatan 7,5 SR yang berpusat di distrik Elbistan, Provinsi Kahramanmaras. Beberapa gempa susulan juga dirasakan di seluruh wilayah.

Seismolog mengungkapkan gempa pertama merupakan salah satu yang terbesar yang pernah mengguncang Turki.

Bila Turki termasuk dalam daftar maka terdapat lima negara yang sempat merasakan getaran bencana ini.

1. Turki

Gempa yang terjadi di bagian tenggara Turki, berbatasan dengan Suriah ini telah menewaskan lebih dari 5.000 orang di dua negara. Jumlahnya akan bertambah seiring masih dilakukannya evakuasi korban.

Dari ribuan bangunan yang runtuh, salah satunya terdapat Kastil Gaziantep, bangunan bersejarah yang telah berdiri selama lebih dari 2.000 tahun. Tidak hanya itu, infrastruktur teknologi Turki juga hancur akibat kerusakan pipa gas karena bencana.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleymon Soylu mengatakan 10 kota terkena dampak gempa awal termasuk Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir dan Kilis.

2. Suriah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)