Tank Abrams Diperkirakan Hanya Jadi Beban, Tak Banyak Bantu Ukraina

Senin, 06 Februari 2023 - 16:07 WIB
loading...
Tank Abrams Diperkirakan Hanya Jadi Beban, Tak Banyak Bantu Ukraina
Tank M1A1 Abrams Angkatan Darat AS menembak dalam latihan militer kelompok pertempuran Forward Presence yang ditingkatkan NATO Crystal Arrow 2021 di Adazi, Latvia, 26 Maret 2021. Foto/REUTERS/Ints Kalnins
A A A
KIEV - Tank M1 Abrams yang baru-baru ini dijanjikan Washington ke Ukraina mungkin akan berakhir menjadi beban daripada memperkuat Kiev dalam pertempuran melawan Rusia.

Penilaian itu dilaporkan Financial Times (FT) pada Minggu (5/2/2023). Pandangan seperti itu dijelaskan oleh kebutuhan logistik dan pemeliharaan tank Abrams yang terlalu rumit.

“Tangki berbobot 70 ton itu memiliki mesin turbin gas, yang memungkinkan akselerasi lebih besar daripada mesin diesel tetapi membutuhkan perawatan yang cermat dan mengkonsumsi bahan bakar dalam jumlah yang lebih besar,” ungkap laporan FT.

Surat kabar itu mengutip mantan komandan peleton Angkatan Darat AS John Nagl, yang mengatakan tentaranya “menghabiskan banyak waktu untuk membenturkan filter udara kami” selama Perang Teluk 1991 dan invasi AS ke Irak tahun 2003 di tengah “kekhawatiran besar” tentang mesin tank “menelan pasir dan tidak bekerja.”



“Mempertahankan kesiapan tempur tank Abrams akan membutuhkan jenis mesin yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan tank rancangan Barat lainnya yang dijanjikan ke Kiev, serta kru yang dilatih untuk peralatan khusus,” papar laporan FT.

FT menambahkan, “Awak mekanik untuk tank juga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk berlatih.”

“Tank akan membutuhkan pasokan suku cadang yang stabil dan tangki 500 galon diisi ulang setiap hari dengan bahan bakar jet karena tidak dapat dijalankan dengan solar,” papar laporan itu.

“M1 Abrams adalah tank yang hebat, tetapi ini adalah tank Amerika dan cara perang Amerika menuntut semua logistik di dunia,” ungkap Nagl kepada FT.

Makalah tersebut kemudian mencatat bahwa jaringan logistik dan pasokan untuk tank Abrams akan tetap berada di AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)