Zelensky Akan Ganti Menhan Ukraina Oleksii Reznikov, Ada Apa?

Senin, 06 Februari 2023 - 06:46 WIB
loading...
Zelensky Akan Ganti Menhan Ukraina Oleksii Reznikov, Ada Apa?
Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov akan digantikan oleh Kepala Direktorat Intelijen Ukraina Kyrylo Budanov dalam perombakan kabinet Presiden Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky akan mencopot Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksii Reznikov dan digantikan oleh Kepala Direktorat Intelijen Ukraina (GUR) Kyrylo Budanov.

David Arakhamia, kepala fraksi Parlemen dari partainya Zelensky, mengumumkan perombakan kabinet itu pada Minggu malam.

Menurutnya, Reznikov akan dibebaskan dari tugasnya dan sebagai gantinya diangkat menjadi menteri untuk industri strategis.

Perombakan yang direncanakan mengikuti berbagai skandal korupsi dan pengunduran diri pejabat lain, termasuk wakil Reznikov.

"Kepala Direktorat Intelijen Ukraina (GUR) Kyrylo Budanov akan memimpin Kementerian Pertahanan, yang sangat logis di masa perang," tulis Arakhamia dalam sebuah sebuah posting Telegram, seperti dikutip Reuters, Senin (6/2/2023).



Kepala fraksi Parlemen yang berkuasa itu tidak memberikan batas waktu perombakan kabinet, tetapi menurut sumber kantor berita RBC-Ukraine, Parlemen diperkirakan akan menyelesaikan perombakan pada sesi berikutnya.

Ditanya tentang kabar pencopotannya, Reznikov mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa terserah Presiden Zelensky untuk memutuskan nasibnya."[Saya] siap untuk apa saja,” katanya, menambahkan bahwa hati nuraninya “sangat jelas".

Beberapa pejabat senior Ukraina telah mengundurkan diri atau dipecat dalam beberapa pekan terakhir, di mana dugaan skandal korupsi juga memengaruhi Kementerian Pertahanan.

Menurut investigasi media Ukraina yang diterbitkan bulan lalu, harga berbagai bahan makanan untuk militer lebih mahal beberapa kali dari harga eceran rata-rata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)