Zelensky Akan Ganti Menhan Ukraina Oleksii Reznikov, Ada Apa?

Senin, 06 Februari 2023 - 06:46 WIB
loading...
Zelensky Akan Ganti Menhan Ukraina Oleksii Reznikov, Ada Apa?
Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov akan digantikan oleh Kepala Direktorat Intelijen Ukraina Kyrylo Budanov dalam perombakan kabinet Presiden Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky akan mencopot Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksii Reznikov dan digantikan oleh Kepala Direktorat Intelijen Ukraina (GUR) Kyrylo Budanov.

David Arakhamia, kepala fraksi Parlemen dari partainya Zelensky, mengumumkan perombakan kabinet itu pada Minggu malam.

Menurutnya, Reznikov akan dibebaskan dari tugasnya dan sebagai gantinya diangkat menjadi menteri untuk industri strategis.

Perombakan yang direncanakan mengikuti berbagai skandal korupsi dan pengunduran diri pejabat lain, termasuk wakil Reznikov.

"Kepala Direktorat Intelijen Ukraina (GUR) Kyrylo Budanov akan memimpin Kementerian Pertahanan, yang sangat logis di masa perang," tulis Arakhamia dalam sebuah sebuah posting Telegram, seperti dikutip Reuters, Senin (6/2/2023).



Kepala fraksi Parlemen yang berkuasa itu tidak memberikan batas waktu perombakan kabinet, tetapi menurut sumber kantor berita RBC-Ukraine, Parlemen diperkirakan akan menyelesaikan perombakan pada sesi berikutnya.

Ditanya tentang kabar pencopotannya, Reznikov mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa terserah Presiden Zelensky untuk memutuskan nasibnya."[Saya] siap untuk apa saja,” katanya, menambahkan bahwa hati nuraninya “sangat jelas".

Beberapa pejabat senior Ukraina telah mengundurkan diri atau dipecat dalam beberapa pekan terakhir, di mana dugaan skandal korupsi juga memengaruhi Kementerian Pertahanan.

Menurut investigasi media Ukraina yang diterbitkan bulan lalu, harga berbagai bahan makanan untuk militer lebih mahal beberapa kali dari harga eceran rata-rata.

Reznikov menolak laporan tersebut, menyatakan bahwa dokumen yang disebutkan dalam investigasi media itu tidak akurat dan beberapa harga akhirnya dinaikkan karena "kesalahan teknis".

Namun, Wakil Menteri Pertahanan Vyacheslav Shapovalov, yang bertanggung jawab atas logistik, tetap saja diberhentikan pada 24 Januari.



Situasi tersebut juga mengancam Reznikov, salah satu wajah paling menonjol di aparat pertahanan Ukraina, tetapi komite profil Verkhovna Rada Ukraina memutuskan untuk mempertahankannya pada saat itu.

Arakhamia mengeklaim pada hari Minggu bahwa Reznikov tetap menjadi kandidat paling logis untuk memimpin kementerian industri strategis, mengingat keahliannya dalam mengamankan bantuan militer Barat pada pertemuan Ramstein dan mengarahkan aliran persenjataan yang tak ada habisnya untuk tentara Ukraina.

Pejabat tinggi intelijen militer Kiev, Budanov, dipilih untuk menjadi kepala pertahanan yang baru, telah terkenal karena ancaman terselubungnya yang berulang kali terhadap wilayah Rusia, sambil menolak untuk mengonfirmasi atau menyangkal tanggung jawab Ukraina atas serangan sebelumnya di dalam wilayah Rusia.

Kembali pada bulan Oktober, Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia menyebut Budanov sebagai tersangka dalang di balik serangan bom mobil di Jembatan Crimea yang menewaskan tiga orang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)