Hamas Kutuk Keras Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

Sabtu, 04 Februari 2023 - 20:45 WIB
loading...
Hamas Kutuk Keras Normalisasi Hubungan Sudan-Israel
Hamas Kutuk Keras Normalisasi Hubungan Sudan-Israel. FOTO/Reuters
A A A
GAZA - Gerakan Perlawanan Islam Palestina Hamas pada Jumat (3/2/2023) "dengan keras" mengutuk pengumuman Sudan tentang normalisasi hubungan dengan Israel .

"Dengan sekeras-kerasnya, kami mengutuk pengumuman yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Sudan tentang normalisasi hubungan dengan pendudukan Israel," kecam Hamas dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari Middle East Monitor.



Hamas percaya bahwa langkah ini bertentangan dengan sikap umum Sudan terhadap normalisasi hubungan dengan negara pendudukan Israel dan mendukung tujuan Palestina yang adil.

"Pengumuman ini bertepatan dengan eskalasi pendudukan fasis Israel atas kejahatannya terhadap rakyat Palestina karena telah membunuh 35 warga Palestina sejak awal tahun 2023, termasuk wanita dan anak-anak. Apalagi perluasan pemukiman kolonial dan penodaan tempat-tempat suci Kristen dan Islam," lanjut pernyataan itu.

"Kami menegaskan kembali penolakan kami terhadap semua bentuk normalisasi dengan pendudukan kolonial-pemukim dan meminta kepemimpinan Sudan untuk mundur dari keputusan ini yang bertentangan dengan kepentingan saudara-saudara Sudan dan hanya akan melayani agenda pendudukan Israel," tambah pernyataan tersebut.



Normalisasi hubungan Sudan dan Israel terjadi setelah pertemuan antara Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen dan mitranya dari Sudan Ali Al-Sadiq di Khartoum.

Setelah pertemuan tersebut, Kementerian Luar Negeri Sudan mengatakan: "Telah disepakati untuk bergerak menuju normalisasi hubungan antara kedua negara."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)