Sirene Serangan Udara Meraung-raung di Kiev Jelang KTT UE-Ukraina

Jum'at, 03 Februari 2023 - 18:10 WIB
loading...
Sirene Serangan Udara Meraung-raung di Kiev Jelang KTT UE-Ukraina
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menghadiri KTT Uni Eropa dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Perdana Menteri Denys Shmyhal, saat serangan Rusia terhadap Ukraina berlanjut, di Kyiv, Ukraina 2 Februari 2023. Layanan Pers/Handout Kepre
A A A
KIEV - Sirene serangan udara terdengar di Kiev dan seluruh Ukraina pada Jumat (3/2/2023) sebelum dimulainya pertemuan puncak antara pejabat senior Ukraina dengan perwakilan Uni Eropa (UE) seperti dilansir dari France 24.

Para pejabat tinggi UE dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev untuk menunjukkan dukungan bagi negara itu saat berjuang untuk melawan invasi Rusia dan berusaha untuk bergabung dengan UE serta NATO.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel, serta 15 komisaris Eropa, melakukan perjalanan ke Ibu Kota Ukraina untuk apa yang mereka sebut sebagai pertemuan puncak.

KTT terakhir diadakan di Kiev pada Oktober 2021 – beberapa bulan sebelum perang dimulai. Kunjungan yang sangat simbolis itu juga merupakan misi politik UE pertama dari jenisnya ke negara yang sedang berperang.

“Tidak akan ada keputusasaan dalam tekad kami,” kata Michel dalam tweet tentang kedatangannya di Kiev.

"Kami juga akan mendukung (Ukraina) setiap langkah dalam perjalanan Anda ke UE," imbuhnya seperti dikutip dari The Associated Press.



Menurut pejabat UE, bBantuan blok itu untuk Ukraina telah mencapai hampir USD55 miliar sejak pertempuran dimulai.

UE antara lain memberikan Ukraina bantuan keuangan dan kemanusiaan. Blok itu juga berencana untuk mengadopsi paket sanksi ke-10 bagi Rusia dalam beberapa minggu mendatang.

UE juga telah mengumumkan akan meningkatkan misi pelatihan militernya untuk Ukraina, dari target awal mendorong 15.000 tentara melalui sekolah menjadi 30.000 tentara. Salah satu fokusnya adalah melatih awak tank yang ditawarkan negara-negara Barat kepada Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)