Perbandingan Kekuatan Militer Negara Anggota NATO dan BRICS

Rabu, 01 Februari 2023 - 16:30 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Negara Anggota NATO dan BRICS
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO merupakan aliansi militer internasional yang cukup dikenal di dunia. Saat ini, mereka memiliki banyak anggota berisikan negara-negara dengan kekuatan militer yang terbilang mumpuni.

Sementara itu, BRICS merupakan forum internasional yang berisikan lima negara di dunia, yakni Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Lantas, bagaimana jika kekuatan militer anggota kedua organisasi tersebut dibandingkan?



1. Peringkat Militer Dunia
Pada pemeringkatan Global Fire Power 2023, posisi Top 5 berisikan negara-negara anggota NATO dan BRICS. Mengacu laman resmi Global Fire Power, Rabu (1/2/2023), secara peringkat terdapat tiga negara anggota BRICS yang menembus posisi 5 besar pemeringkatan GFP 2023. Mereka adalah Rusia (nomor 2), China (nomor 3), dan India (nomor 4).

Sementara itu, untuk NATO sendiri memiliki 2 negara anggota yang masuk 5 besar. Di antaranya adalah Amerika Serikat (nomor 1) dan United Kingdom (nomor 5).

2. Jumlah Personel Aktif
Menurut data Global Fire Power (GFP), terdapat 3 negara anggota BRICS yang berada di posisi 5 besar dalam aspek personel aktif. Masing-masing di antaranya adalah China dengan 2 juta tentara, India dengan 1,45 juta, serta Rusia dengan 830.900 personel aktif.

Sementara itu, dari kubu NATO Amerika Serikat menjadi negara yang terbanyak dengan personel aktif mencapai 1.390.000. Terbanyak kedua ada Prancis dengan 205.000 tentara.



3. Hulu Ledak Nuklir
Perbandingan berikutnya bisa dilihat dari hulu ledak nuklir yang dimilikinya. Mengutip laman Express UK, Arms Control Association (ACA) menyebut bahwa terdapat beberapa negara anggota NATO maupun BRICS yang punya senjata tersebut.

Pada kubu NATO, masing-masing di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, hingga Prancis. Adapun jika digabungkan, mereka memiliki sekitar 6.155 hulu ledak nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)