Ukraina Sebut Serangan Drone 'Hukuman' Buat Iran

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan pesawat tak berawak diluncurkan dari dalam wilayah Iran dan mengatakan Israel berada di belakangnya. The Wall Street Journal juga mengatakan serangan itu diorganisir oleh Israel, mengutip orang-orang yang mengetahui operasi itu.

Moskow mengutuk serangan itu sebagai tindakan provokatif yang dapat menyebabkan peningkatan ketegangan yang tidak terkendali di wilayah yang sudah bergejolak. Sedangkan Pentagon membantah ada pasukan militer Amerika Serikat (AS) yang terlibat.

Menurut otoritas Iran, serangan itu hanya menyebabkan kerusakan kecil pada fasilitas tersebut dan tidak ada korban jiwa. Bagaimanapun, media Israel The Jerusalem Post, mengutip sumber-sumber Barat mengklaim kerusakannya jauh lebih serius dan serangan itu sukses luar biasa.

Ukraina dan AS menuduh Iran memasok Rusia dengan drone kamikaze dan bahkan rudal balistik, tetapi tidak memberikan bukti untuk mendukungnya. Moskow telah mengakui kerja sama teknis-militer dengan Teheran tetapi mengatakan dronenya diproduksi di dalam negeri.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)