Ukraina Usul Pembentukan Koalisi Jet Tempur, Inginkan F-35 hingga Gripen

Senin, 30 Januari 2023 - 12:26 WIB
loading...
Ukraina Usul Pembentukan Koalisi Jet Tempur, Inginkan F-35 hingga Gripen
Ukraina usul pembentukan Koalisi Jet Tempur yang akan memasok Kiev dengan F-35 AS hingga jet tempur Gripen Swedia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina menyerukan pembentukan "Koalisi Jet Tempur" dengan misi memasok Kiev dengan jet-jet tempur tercanggih NATO untuk melawan invasi Rusia .

Seruan itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Andrii Melnyk. Menurutnya, "Koalisi Jet Tempur" nantinya bisa memberi Ukraina jet tempur siluman F-35 dan F-16 Amerika Serikat (AS), pesawat Eurofighter Inggris, jet tempur Tornado Jerman, jet tempur Rafale Prancis, dan jet tempur Gripen Swedia.

Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak, mengatakan kepada Freedom Television Network Ukraina bahwa mereka juga membutuhkan rudal. "Untuk secara drastis mereduksi senjata utama tentara Rusia," katanya.



Presiden Zelensky menggemakan hal itu dalam pidato video harian di mana dia mengatakan negaranya membutuhkan rudal ATACMS buatan AS, yang memiliki jangkauan 185 mil (297km).

Dia mengatakan rudal itu akan membantu Ukraina mengantisipasi serangan Rusia di daerah perkotaan dan warga sipil.

Washington sejauh ini menolak memberikan senjata itu.

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz, telah mengesampingkan gagasan mengirim jet tempur ke Ukraina setelah sebelumnya Jerman berkomitmen untuk memasok tank tempur Leopard 2 ke Kiev.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Tagesspiegel, Olaf Scholz memperingatkan Barat agar tidak melakukan "perang penawaran" senjata kepada Ukraina.

Scholz menegaskan kembali bahwa NATO tidak berperang dengan Rusia."Kami tidak akan membiarkan eskalasi seperti itu," katanya.



Scholz mengatakan fokusnya sekarang adalah pengiriman tank Leopard 2.

"Fakta bahwa kami baru saja membuat keputusan [tentang pengiriman tank] dan debat berikutnya akan terjadi di Jerman, itu sepertinya tidak masuk akal," katanya, yang dilansir Senin (30/1/2023).

Pada hari Rabu Jerman berkomitmen untuk memasok 14 tank Leopard 2 ke Ukraina, setelah berminggu-minggu mendapat tekanan dari sekutu NATO.

Mengikuti komitmen Jerman untuk mengirim tank Leopard 2, AS juga mengatakan akan menyediakan tank M1 Abrams untuk Ukraina.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)