Belanda Akan Kerahkan 8 Jet Tempur Siluman F-35 ke Negara NATO Dekat Rusia

Kamis, 26 Januari 2023 - 12:03 WIB
loading...
Belanda Akan Kerahkan 8 Jet Tempur Siluman F-35 ke Negara NATO Dekat Rusia
Belanda akan mengerahkan 8 jet tempur siluman F-35 ke Polandia, negara NATO yang berbatasan langsung dengan Kaliningrad, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
DEN HAAG - Belanda akan mengerahkan delapan jet tempur siluman F-35 ke Polandia pada akhir bulan ini. Misinya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan sayap timur NATO .

Polandia merupakan negara NATO yang berbatasan langsung dengan Ukraina—negara yang saat berperang melawan invasi Rusia. Polandia juga berbatasan langsung dengan Kaliningrad, wilayah Rusia yang berada di kawasan Baltik.

Empat pesawat tempur F-35 Angkatan Udara Kerajaan Belanda akan digunakan untuk mengamati wilayah udara timur NATO. Empat lainnya akan digunakan dalam program pelatihan sekutu guna meningkatkan kehadiran NATO di sisi timur dan mempromosikan kerja sama antara anggotanya.

“Dengan delapan jet tempur, Belanda berkontribusi pada pertahanan sayap timur NATO,” kata Kementerian Pertahanan Belanda dalam siaran pers, seperti dikutip dari Euractive, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Ukraina Incar 93 Pesawat Tornado Jerman yang Akan Diganti Jet Tempur Siluman F-35

Persiapan Angkatan Udara Kerajaan Belanda untuk mengerahkan delapan pesawat tempur F-35 multi-peran ke Polandia telah diumumkan pada awal Januari oleh Komando Angkatan Udara Sekutu NATO di Pangkalan Udara Ramstein.

Jet-jet tempur siluman buatan Lockheed Martin Amerika Serikat itu akan ditempatkan di Pangkalan Udara Taktis ke-22 di Malbork, Polandia utara, tempat jet-jet tempur sekutu dari Portugal, Turki, dan Italia sebelumnya ditempatkan.

Sebelumnya pada awal Januari, Kementerian Pertahanan Belanda mengumumkan bahwa ratusan kendaraan militer AS akan tiba di Vlissingen, dari mana mereka akan dipindahkan ke Eropa Timur.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2328 seconds (10.177#12.26)