Menlu Ukraina Berharap Indonesia Terlibat Proses Perdamaian

Sabtu, 28 Januari 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
“Jadi tempatkan diri Anda pada sisi Ukraina. Saya yakin 100%, bangsa Indonesia akan duduk bersama bernegosiasi. Anda tidak akan netral. Anda tidak akan berkompromi! Anda akan bertindak serupa bangsa Ukraina mengusir penjajah dari jengkal terakhir wilayah Indonesia,” tuturnya.

Kondisi ini yang membuat pemerintah Ukraina membuka pintu selebar-lebarnya bagi jurnalis Indonesia untuk dapat bekerja secara profesional dan objektif dengan melihat dan mengabarkan kenyataan terjadinya penjajahan oleh Rusia.

Menlu Kuleba menegaskan perdamaian merupakan harapan yang ingin segera dicapai mengingat perang telah mengganggu hubungan Indonesia dan Ukraina yang berada dalam arah dan pertumbuhan yang positif.

Diplomat penyuka makanan Asia ini menegaskan Indonesia di bawah nahkoda diplomasi Menlu Retno Marsudi berperan besar membantu Ukraina menempatkan diri dalam hubungan di Asia Tenggara dan Asia yang secara ekonomi bertumbuh dan menjadi sangat penting bagi dunia.

Sehingga Ukraina sangat berharap Indonesia terus berada di sisi Ukraina untuk mengusahakan perdamaian yang disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada KTT G20 di Bali. “Kami berharap Indonesia berdiri di samping Ukraina,” katnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)