Prancis Desak Pembebasan Segera 7 Warga Negaranya yang Dipenjara di Iran

Jum'at, 27 Januari 2023 - 15:15 WIB
loading...
Prancis Desak Pembebasan Segera 7 Warga Negaranya yang Dipenjara di Iran
Prancis mendesak Iran untuk membebaskan 7 warga negara Prancis. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Prancis telah menyerukan "pembebasan segera" tujuh warga negaranya yang ditahan di Iran . Prancis juga mengecam situasi yang "tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima".

“Sandera Prancis di Iran termasuk Louis Arnaud yang berusia 35 tahun,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Anne-Claire Legendre, seperti dikutip dari AP, Kamis (26/1/2023).



“Arnaud, yang namanya baru saja diumumkan, ditangkap pada 28 September saat dia bepergian di Iran untuk alasan wisata," lanjut Legendre.

“Dia ditahan dalam "kondisi yang sangat sulit" di penjara Teheran Evin, di mana Duta Besar Prancis untuk Iran dapat bertemu dengannya pada 11 Desember,” tambahnya.

Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna pada hari Rabu membahas masalah tersebut dalam panggilan telepon dengan rekannya dari Iran Hossein Hossein Amirabdollahian, kata Kementerian Luar Negeri Prancis.

“Kami sangat mengkhawatirkan Bernard Phelan mengingat kondisi kesehatannya,” kata Legendre. Kementerian Luar Negeri juga mengatakan bahwa warga negara Irlandia Prancis, yang ditahan di Iran sejak Oktober, membutuhkan "perawatan medis yang tepat yang tidak disediakan" di penjara.



Iran telah menahan sejumlah orang asing dan berkewarganegaraan ganda selama bertahun-tahun, menuduh mereka melakukan spionase atau pelanggaran keamanan negara lainnya dan menghukum mereka setelah pengadilan rahasia di mana kelompok hak asasi mengatakan mereka ditolak proses hukumnya.

Keluarga dan komite pendukung Arnaud dan orang Prancis lainnya yang dipenjara di Iran, termasuk Fariba Adelkhah, Benjamin Briere dan Cecile Kohler, menyerukan pertemuan pada hari Sabtu di Paris.

Sebuah acara terpisah telah diselenggarakan di Paris pada hari itu untuk mendukung Olivier Vandecasteele berkebangsaan Belgia oleh Doctors Without Borders.

Pekerja bantuan, yang bekerja untuk organisasi nonpemerintah selama bertahun-tahun, ditangkap di Teheran pada Februari tahun lalu. Doctors Without Borders mengatakan kondisi penahanannya membahayakan nyawanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)