Mumi Bocah Emas Dibuka Secara Digital setelah 2.300 Tahun, Rahasia Terungkap

Kamis, 26 Januari 2023 - 13:57 WIB
loading...
A A A
Jimat lidah emas ditemukan di dalam mulut bocah itu, sebuah ritual yang dilakukan untuk memastikan mendiang dapat berbicara di akhirat, dan scarab jantung ditemukan di dalam rongga dada tubuh.

Jimat dua jari ditemukan diletakkan di samping penisnya, kemungkinan besar untuk menutupi sayatan pembalseman.

Jenazah bocah itu juga mengenakan topeng kepala berlapis emas bertatahkan batu dan penutup pelindung yang disebut karton di tubuhnya.

Sahar Saleem, seorang ahli radiologi di Universitas Kairo dan penulis pertama di atas kertas, mencatat bahwa perhiasan anak laki-laki itu sejalan dengan beberapa ritual yang digariskan dalam "Book of the Dead [Kitab Orang Mati]" Mesir, termasuk sepasang sandal putih yang ditemukan di kakinya dan pakis yang dilingkari di sekitar tubuhnya.

“Sandal itu mungkin dimaksudkan untuk memungkinkan bocah itu keluar dari peti mati. Menurut 'Kitab Orang Mati' Mesir kuno, mendiang harus memakai sandal putih untuk menjadi saleh dan bersih sebelum membaca ayat-ayatnya,” kata Saleem dalam sebuah pernyataan.
Mumi Bocah Emas Dibuka Secara Digital setelah 2.300 Tahun, Rahasia Terungkap

Foto/Frontiers in Medicine

“Orang Mesir kuno terpesona oleh tumbuhan dan bunga dan percaya bahwa mereka memiliki efek sakral dan simbolis. Karangan tanaman dan bunga ditempatkan di samping almarhum pada saat penguburan," paparnya, seperti dikutip Global News, Kamis (26/1/2023).

"Scarab jantung disebutkan dalam Kitab Orang Mati bab 30: penting di akhirat selama menilai mendiang dan menimbang hati terhadap bulu dewi Maat," kata Saleem melanjutkan tentang temuan tim.

“Scarab jantung membungkam hati pada Hari Penghakiman, agar tidak menjadi saksi terhadap mendiang. Itu ditempatkan di dalam rongga batang tubuh selama mumifikasi untuk menggantikan jantung jika tubuh kehilangan organ ini.”

Peneliti menempatkan usia "Golden Boy" pada usia 14 atau 15 tahun. Dalam makalah mereka, para ahli mengatakan bahwa semua organ bocah itu telah diangkat, kecuali jantungnya, dan otaknya telah diganti dengan resin.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)