Terungkap, India dan Pakistan Nyaris Perang Nuklir

Kamis, 26 Januari 2023 - 08:54 WIB
loading...
Terungkap, India dan Pakistan Nyaris Perang Nuklir
Memoar baru dari mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengungkap bahwa India dan Pakistan nyaris perang nuklir pada Februari 2019. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - India dan Pakistan nyaris perang nuklir pada Februari 2019. Itu diungkap mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dalam memoar barunya.

Itu terjadi setelah New Delhi melancarkan serangan terhadap kelompok militan di wilayah Pakistan menyusul serangan terhadap pasukan India di Kashmir.

Pakistan kemudian mengatakan telah menembak jatuh dua jet militer India dan menangkap seorang pilot pesawat tempur.

India dan Pakistan saling mengeklaim seluruh Kashmir, tetapi hanya menguasai sebagian saja.

India telah lama menuduh Pakistan mendukung kelompok militan separatis di lembah Kashmir—tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

Baca juga: Memanas, Pemimpin Partai Penguasa Pakistan Ancam India dengan Perang Nuklir

Dua negara bersenjata nuklir itu telah berperang tiga kali sejak kemerdekaan dari Inggris dan pemisahan keduanya pada tahun 1947.

Dalam buku "Never Give An Inch: Fighting for the America I Love", Pompeo mengatakan dia tidak berpikir dunia benar-benar tahu seberapa dekat persaingan India-Pakistan yang meluas menjadi kebakaran nuklir pada Februari 2019.

"Sebenarnya, saya juga tidak tahu persis jawabannya; saya hanya tahu jawabannya terlalu dekat," tulisnya, seperti dikutip BBC, Kamis (26/1/2023).

Pompeo mengatakan dia tidak akan pernah melupakan malam di mana dia berada di Hanoi pada pertemuan puncak bernegosiasi dengan Korea Utara tentang senjata nuklir. "Ketika India dan Pakistan mulai saling mengancam sehubungan dengan perselisihan selama puluhan tahun atas wilayah perbatasan utara Kashmir," lanjut tulisan Pompeo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1994 seconds (11.210#12.26)