Profil Blackwater Organisasi Militer AS, Satu-satunya Agen Swasta yang Dikirim untuk Invasi Afghanistan

Rabu, 25 Januari 2023 - 18:08 WIB
loading...
A A A
Blackwater merupakan perusahaan militer swasta yang dibentuk pada tanggal 26 Desember 1996 oleh Al Clark dan Erik Prince di Carolina Utara.

Tujuan dari pembentukan organisasi ini untuk memberikan dukungan pelatihan kepada organisasi militer dan penegakan hukum.

Pelatihan militernya dibuka pertama kali pada 15 Mei 1998 yang dilengkapi dengan fasilitas seluas 6.000 hektar.

Pada saat itu fasilitas dari organisasi milik Prince ini menjadi fasilitas latihan terbesar di Amerika Serikat.

Memiliki fasilitas yang lengkap membuat prajurit militernya mempunyai banyak keahlian, sehingga mulai dilirik oleh instansi negara Amerika Serikat terutama CIA.

Blackwater pertama kali diberi tugas oleh pemerintahan Amerika Serikat untuk melindungi markas besar CIA dan juga bertanggung jawab untuk memburu Osama bin Laden.

Organisasi militer ini telah menjadi satu-satunya organisasi militer swasta yang dipekerjakan untuk invasi AS ke Negara Afghanistan.

Setelah tugas pertamanya selesai, Blackwater kemudian dipercaya dan mulai dikontrak lagi oleh pemerintah.

Pada tahun 2003 hingga 2006, organisasi militer ini mendapat banyak tugas dan kontrak dari negara Amerika Serikat. Sebagian besar tugas yang diembannya adalah untuk menjaga keamanan para petinggi pendudukan AS di Irak.

Dilansir dari situs web Militarist Monitor, sebagian besar pendapatan dari Blackwater berasal dari kontrak keamanan untuk menjaga pejabat tinggi dan kedutaan besar Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)