Menlu Rusia: Barat Beri Tekanan pada Tiap Negara yang Saya Kunjungi

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:20 WIB
loading...
Menlu Rusia: Barat Beri Tekanan pada Tiap Negara yang Saya Kunjungi
Menlu Rusia menyebut Barat memberi tekanan pada setiap negara yang ia kunjungi. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, ke mana pun ia bepergian, Barat berusaha membuat negara tuan rumah berperilaku dengan cara yang diinginkan oleh Amerika Serikat (AS).

"Saya tidak terkejut bahwa ke mana pun saya pergi, kolega Barat kami mencoba mengeluarkan beberapa peringatan dan menjadikan negara tuan rumah untuk berperilaku dengan cara yang akan diinginkan oleh orang Amerika,” kata Lavrov, seperti dikutip dari TASS.

Baca: Lavrov: Apa yang Terjadi di Ukraina adalah Perang Nyata Barat dengan Rusia

“Kami sangat menghargai dan menghormati posisi semua mitra kami. Siapa dalam situasi seperti itu tidak dipandu oleh perintah mantan kekuatan kolonial dan mereka yang ingin mendominasi dunia sekarang, tetapi dipandu oleh kepentingan nasional yang sah,” lanjut Lavrov.

Menurut Lavrov, banyak dari negara itu yang tidak ragu untuk membicarakannya secara terbuka. "Kami tidak dapat mengubah teman-teman Barat kami dan membuat (mereka) sopan, berperilaku demokratis," kata Lavrov.

Lavrov juga mengatakan, Barat khawatir karena dominasi yang telah dinikmati selama lima abad terakhir menghilang ketika dunia multipolar mulai terbentuk. Menurutnya, bahwa pusat-pusat dunia seperti China, India, Turki, Mesir, benua Afrika, dan Amerika Latin tidak dapat diabaikan dan menentukan bagaimana mereka harus berkembang.

Baca: Lavrov: AS Tidak Cukup Kuat Lawan China dan Rusia

"Kami memahami perasaan menyakitkan dari AS dan Eropa, karena struktur hubungan internasional berubah, menjadi multipolar, polisentris," tambah Lavrov.

Rusia terus berupaya memperkuat hubungan dengan sejumlah negara Afrika. Teraktual, Moskow mengharapkan KTT Rusia- Afrika kedua untuk membawa hubungannya dengan benua itu ke tingkat yang baru.

“Kami berbicara tentang persiapan untuk KTT Rusia-Afrika kedua yang akan berlangsung di St. Petersburg pada bulan Juli. Kami percaya bahwa hasilnya akan didasarkan pada pekerjaan yang telah dilakukan sejak KTT pertama, yang diadakan di Sochi pada musim gugur 2019,” kata Lavrov.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1855 seconds (11.97#12.26)