Dokumen Rahasia Dilaporkan Ditemukan di Rumah Eks Wapres AS

Rabu, 25 Januari 2023 - 01:25 WIB
loading...
A A A
Berita tentang Pence datang saat penasihat khusus menyelidiki penanganan dokumen rahasia oleh Biden dan mantan Presiden AS Donald Trump. Terungkapnya keberadaan dokumen rahasia itu juga datang di tengah spekulasi bahwa Pence bersiap mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik pada 2024.

Penemuan itu terjadi setelah Pence berulang kali mengatakan dia tidak memiliki dokumen rahasia apa pun yang dia miliki.

Sejak FBI menggeledah rumah Trump di Florida untuk mencari materi rahasia pada bulan Agustus dengan surat perintah penggeledahan, Pence mengatakan bahwa dia tidak menyimpan materi rahasia apa pun setelah meninggalkan jabatannya.

“Tidak, setahu saya tidak,” katanya kepada The Associated Press pada Agustus lalu.



Pada bulan November, Pence ditanya oleh ABC News di rumahnya di Indiana apakah dia telah mengambil dokumen rahasia dari Gedung Putih.

"Saya tidak melakukannya," jawab Pence.

“Yah, tidak ada alasan untuk memiliki dokumen rahasia, terutama jika berada di area yang tidak terlindungi,” lanjut Pence.

"Tapi saya akan memberi tahu Anda bahwa saya yakin harus ada banyak cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah itu daripada menjalankan surat perintah penggeledahan di kediaman pribadi mantan presiden Amerika Serikat," imbuhnya.

Penemuan dokumen rahasia di kediaman Pence menandai ketiga kalinya dalam sejarah baru-baru ini di mana seorang presiden atau wakil presiden secara tidak tepat memiliki materi rahasia setelah meninggalkan jabatannya. Baik Biden dan Trump sekarang sedang diselidiki oleh penasihat khusus terpisah untuk penanganan materi rahasia mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)