Dokumen Rahasia Dilaporkan Ditemukan di Rumah Eks Wapres AS

Rabu, 25 Januari 2023 - 01:25 WIB
loading...
Dokumen Rahasia Dilaporkan Ditemukan di Rumah Eks Wapres AS
Sejumlah dokumen rahasia dilaporkan ditemukan di rumah eks Wakil Presiden AS Mike Pence. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sejumlah dokumen rahasia dilaporkan telah ditemukan di kediaman pribadi mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence di Indiana. Dokumen-dokumen rahasia itu telah diserahkan kepada FBI oleh pengacara Pence.

Adalah kantor berita CNN yang pertama kali melaporkan hal ini dengan mengutip sejumlah sumber. Menurut CNN, dokumen rahasia itu ditemukan oleh pengacara Pence di rumah barunya di Carmel, Indiana.

Seorang pengacara Pence mengatakan kepada CNN bahwa FBI meminta untuk mengambil dokumen itu dan Pence setuju. Pengacara itu mengatakan agen dari kantor lapangan FBI di Indianapolis mengambil dokumen dari rumah Pence.

Pada hari Senin, tim hukum Pence mengembalikan kotak-kotak itu ke Washington dan menyerahkannya ke Arsip untuk meninjau materi lainnya agar sesuai dengan Undang-Undang Catatan Presiden.

Belum jelas terkait apa dokumen yang ditemukan atau tingkat sensitifiatas atau klasifikasinya. FBI dan Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman AS telah meluncurkan tinjauan bagaiman dokumen-dokumen itu sampai di rumah Pence.

Dalam sepucuk surat kepada Arsip Nasional yang diperoleh CNN, perwakilan Pence untuk Arsip, Greg Jacob, menulis bahwa sejumlah kecil dokumen dengan tanda rahasia secara tidak sengaja dimasukkan ke dalam kotak dan diangkut ke rumah wakil presiden.

“Wakil Presiden Pence tidak menyadari keberadaan dokumen sensitif atau rahasia di kediaman pribadinya,” tulis Jacob.

Baca: Lagi, Dokumen Rahasia Ditemukan di Rumah Joe Biden

“Wakil Presiden Pence memahami pentingnya melindungi informasi sensitif dan rahasia dan siap serta bersedia bekerja sama sepenuhnya dengan Arsip Nasional dan penyelidikan yang sesuai,” sambungnya seperti dikutip dari media berbasis di AS itu, Rabu (25/1/2023).

Pengacara Pence mengatakan kantor kelompok advokasi Pence di Washington juga digeledah dan tidak ada materi rahasia atau catatan lain yang dicakup oleh Presidential Records Act yang ditemukan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1779 seconds (11.252#12.26)