Rusia Ingin Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Afrika

Selasa, 24 Januari 2023 - 19:40 WIB
loading...
Rusia Ingin Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Afrika
Rusia Ingin Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Afrika. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Moskow mengharapkan KTT Rusia- Afrika kedua untuk membawa hubungannya dengan benua itu ke tingkat yang baru. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, Senin (23/1/2023).

“Kami berbicara tentang persiapan untuk KTT Rusia-Afrika kedua yang akan berlangsung di St. Petersburg pada bulan Juli. Kami percaya bahwa hasilnya akan didasarkan pada pekerjaan yang telah dilakukan sejak KTT pertama, yang diadakan di Sochi pada musim gugur 2019,” kata Lavrov, seperti dikutip dari TASS.

Baca: Lavrov: Apa yang Terjadi di Ukraina adalah Perang Nyata Barat dengan Rusia

“Ini akan membantu membawa hubungan kita ke tingkat yang baru," lanjut Lavrov pada konferensi pers setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor.

"Kami telah melihat minat yang besar dari teman-teman Afrika Selatan kami untuk memastikan bahwa acara tersebut menghasilkan kesepakatan yang berarti," tambah diplomat top Rusia itu.

Yayasan Roscongress mengumumkan sebelumnya bahwa KTT Rusia-Afrika kedua dan Forum Ekonomi dijadwalkan pada 26-29 Juli. Acara pertama, bertema "Untuk Perdamaian, Keamanan, dan Pembangunan", berlangsung di resor Laut Hitam Rusia di Sochi dari 22-24 Oktober 2019.

Baca: Rusia: Belum Ada Kepastian Soal Perjanjian Senjata Nuklir dengan AS

Sebelumnya, Rusia mengaku sedang mengembangkan kerja sama militer-teknis dengan China dan Afrika Selatan. “Mengenai latihan Angkatan Laut (oleh Rusia, Afrika Selatan dan China), dan sejauh mana itu mencerminkan keinginan untuk mengembangkan kerja sama militer: kami sedang mengembangkan kerja sama militer dengan Republik Rakyat China, dan juga dengan Republik Afrika Selatan, " kata Lavrov.

Latihan Angkatan Laut yang melibatkan kapal-kapal dari Afrika Selatan, Rusia, dan China akan diadakan dari 17 Februari hingga 27 Februari. Seperti yang dikatakan Kementerian Pertahanan Afrika Selatan dalam komunike di situs webnya, latihan tersebut akan diadakan di Samudera Hindia selama 10 hari di wilayah kota pelabuhan Durban dan Richards Bay.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1777 seconds (10.177#12.26)