AS Desak Ukraina Tak Terpaku Bela Kota Bakhmut, Ada Ancaman Lebih Besar

Minggu, 22 Januari 2023 - 01:01 WIB
loading...
AS Desak Ukraina Tak Terpaku Bela Kota Bakhmut, Ada Ancaman Lebih Besar
Prajurit Ukraina naik tank dekat kota garis depan Bakhmut, Donetsk, 20 Januari 2023. Foto/REUTERS/Oleksandr Ratushniak
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) percaya Ukraina harus "memfokuskan kembali" persiapan untuk serangan baru. Washington menunjukkan pertempuran sengit untuk kota timur Artyomovsk (disebut Bakhmut oleh Ukraina) mungkin "menghambat" Kiev.

Laporan beberapa outlet berita itu mengutip seorang pejabat senior AS. Komentar tersebut bertentangan dengan laporan media Barat selama berbulan-bulan yang menggambarkan kota itu sebagai area kunci dan strategis.

Berbicara kepada sekelompok kecil wartawan pada Jumat, seorang pejabat tinggi dalam pemerintahan Presiden AS Joe Biden (yang menolak disebutkan namanya atau dikutip kata demi kata) mengatakan, “Ukraina seharusnya tidak terpaku pada mempertahankan kota Bakhmut dengan cara apa pun.”

Dalam laporan AFP, Kiev disarankan menggunakan waktu tersebut untuk mempersiapkan serangan balasan besar-besaran terhadap Rusia.

Baca juga: Gerombolan Drone Kamikaze Serang Pangkalan AS di Suriah

“Fokus yang kuat pada kota itu menghambat Ukraina dalam tugas yang lebih penting, mengorganisir serangan musim semi untuk merebut kembali wilayah yang hilang dari Moskow,” ujar pejabat itu.

Sumber itu mencatat “waktu menguntungkan Rusia” karena jumlah pasukan dan artileri yang lebih unggul.

Dalam laporan serupa pada Jumat, Reuters juga secara tidak langsung mengutip seorang pejabat senior pemerintahan Biden yang menasihati Kiev untuk menunggu “sampai pasokan terbaru persenjataan AS tersedia dan pelatihan telah diberikan”.

Nasihat itu tampaknya mengacu pada paket senjata senilai USD2,5 miliar yang disetujui di Washington pekan ini.

Bantuan tersebut mencakup sejumlah besar peluru artileri, amunisi untuk platform roket multi-peluncuran HIMARS yang dipasok AS, dan, untuk pertama kalinya, kendaraan tempur Stryker, tetapi tidak ada tank.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1674 seconds (11.97#12.26)