Pasukan Israel Kembali Tembak Mati Pria Palestina, Korban ke-18 sejak Awal 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 - 16:55 WIB
loading...
Pasukan Israel Kembali Tembak Mati Pria Palestina, Korban ke-18 sejak Awal 2023
Pasukan Israel tembak mati pria Palestina di Ramallah, Tepi Barat. Dia jadi orang ke-18 Palestina yang dibunuh pasukan Israel sejak awal 2023. Foto/REUTERS
A A A
RAMALLAH - Pasukan Israel menembak mati seorang pria Palestina di Ramallah, Tepi Barat, Sabtu (21/1/2023). Pria tersebut menjadi orang yang ke-18 yang dibunuh pasukan Zionis sejak awal 2023.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria itu sebagai Tariq Maali (42). Menurut kementerian tersebut, korban ditembak di barat laut kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Sedangkan militer Israel, seperti dikutip AP, mengeklaim pria itu tiba di pos terdepan dan mencoba menikam seorang warga sipil Israel. Media Israel juga melaporkan bahwa dia dipersenjatai dengan pisau.

Komunitas Palestina dan kelompok-kelompok hak asasi manusia (HAM) menuduh Israel menggunakan kekuatan berlebihan terhadap warga Palestina, yang dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan serentetan penembakan, penusukan, dan serangan menabrakkan mobil.



Militer Israel mengatakan tentara, dan dalam beberapa kasus warga sipil, menghadapi situasi yang rumit dan mengancam jiwa.

Kematian hari ini adalah yang terbaru dalam kekerasan berbulan-bulan antara Israel dan Palestina. Ketegangan meningkat di Tepi Barat, di mana militer Israel telah melakukan serangan penangkapan hampir setiap malam sejak musim semi lalu setelah gelombang serangan terhadap warga Israel menewaskan 19 orang. Sebanyak 10 orang Israel lainnya tewas dalam rangkaian serangan kedua akhir tahun lalu.

Israel mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan.

Namun orang-orang Palestina melihat kelompok militan sebagai benteng lebih lanjut dari pendudukan terbuka Israel selama 55 tahun atas tanah yang mereka cari untuk negara masa depan mereka.

Kematian hari Sabtu menempatkan 18 jumlah warga Palestina yang terbunuh oleh tembakan pasukan Israel di Tepi Barat sejak awal 2023.

Hampir 150 warga Palestina dibunuh oleh Israel di Tepi Barat dan Yerusalem timur pada tahun 2022, menurut angka oleh kelompok HAM Israel; B'Tselem, menjadikannya tahun paling mematikan sejak 2004.

Israel mengatakan sebagian besar yang tewas adalah militan. Tapi pelempar batu Palestina, pemuda yang memprotes penyerangan dan lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga tewas.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)