Terluka Parah Kena Ranjau Darat, Tentara Ukraina Dapat Lengan Bionik Canggih

Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:29 WIB
loading...
Terluka Parah Kena Ranjau Darat, Tentara Ukraina Dapat Lengan Bionik Canggih
Tentara Ukraina mendapatkan lengan bionik canggih setelah terluka parah terkena ranjau darat. Foto/Sky News
A A A
BERLIN - Dua tentara Ukraina yang terpaksa diamputasi setelah terluka karena terkena ranjau darat dipasangi lengan bionik canggih buatan Inggris .

Mereka adalah veteran perang pertama yang dilengkapi dengan Lengan Pahlawan baru - prostesis cetak 3D yang dibuat oleh perusahaan teknologi Open Bionics yang berbasis di Bristol, Inggris.

Andrii Gidzun dan Vitalii Ivashchuk mencoba lengan bionik mereka minggu ini di Munich. Lengan ini memiliki jari dan ibu jari yang dapat digerakkan, memungkinkan mereka untuk mencubit dan memegang benda. Lengan ini dikendalikan oleh sensor yang diaktifkan oleh otot di lengan bawah.

Prostesis yang dibuat khusus sekarang akan dibuat untuk kedua pria tersebut dengan printer 3D dan dipasang bulan depan.

Vitalii (24) merasa keren untuk menggambarkan uji coba lengan bionik, yang disebut Lengan Pahlawan, itu.

"Saya senang memiliki kesempatan seperti itu untuk mendapatkan prostesis fungsional seperti itu. Saya bahkan tidak mengharapkannya," ujarnya.



"Ketika elektroda dipasang dan saya memiliki kesempatan untuk menguji prostesis ini, saya menikmatinya. Saya senang, secara halus," imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Sabtu (21/1/2023).

Prostesis pria didanai oleh Mastercard, yang mendukung yayasan amal Superhumans untuk mengumpulkan 33 juta poundsterling atau sekitar Rp616 miliar untuk membangun rumah sakit spesialis di kota Lviv, Ukraina.

The Superhumans Centre akan bekerja sama dengan Open Bionics untuk menyediakan prostesis, rehabilitasi, dan konseling bagi warga sipil dan tentara yang kehilangan anggota tubuh akibat perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)