Kisah dan 5 Fakta Pembunuhan Franz Ferdinand yang Memicu Perang Dunia I

Jum'at, 20 Januari 2023 - 23:50 WIB
loading...
A A A
Namun sopir mengambil jalan sesuai agenda awal, yaitu ke museum, karena tidak diberi tahu adanya perubahan. Karena salah mengambil jalan ketika berbelok, sopir memutar balik kendaraan. Di saat itulah, Gavrilo Princip, yang duduk di sebuah kafe di dekat tempat itu, mengambil kesempatan untuk membunuh Franz Ferdinand.

Princip melepaskan dua tembakan, satu mengenai Franz Ferdinand di bagian leher, satu tembakan lagi mengenai perut Sophie.

Sopir kemudian melarikan kendaraan untuk mendapatkan bantuan medis. Namun, dalam perjalanan, Sophie meninggal dunia. Tak lama berselang, nyawa Franz Ferdinand juga tak tertolong. Upaya pembunuhan terhadap Franz Ferdinand pun berhasil.

4. Pembunuh Berusia Muda

Pembunuh Franz Ferdinand adalah seorang anak muda dari kalangan Nasionalis Slavia Selatan bernama Gavrilo Princip. Princip lahir pada 25 Juli 1894 di Obljaj, Bosnia.

Princip mendapat pelatihan teroris dari Ujedinjenje ili Smrt (Penyatuan atau Kematian), yaitu perkumpulan rahasia Serbia yang lebih dikenal dengan sebutan “Tangan Hitam”.

Princip membunuh Franz Ferdinand menggunakan pistol Browning. Kala itu, usianya baru 19 tahun.

Seusai menembak sasarannya, Princip memiliki niat untuk menghabisi nyawanya sendiri, meski akhirnya dia dapat ditangkap.

Atas perbuatannya, Princip dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Namun, Princip meninggal pada 28 April 1918 di Theresienstadt, Austria karena penyakit tuberkulosis.

5. Pemicu Perang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)