Kisah dan 5 Fakta Pembunuhan Franz Ferdinand yang Memicu Perang Dunia I

Jum'at, 20 Januari 2023 - 23:50 WIB
loading...
A A A
2. Kelompok Teroris sebagai Dalang Pembunuhan

Kekaisaran Austro-Hongaria, pada 1908, mencaplok wilayah Bosnia dan Herzegovina dari Kekaisaran Ottoman. Pada saat bersamaan, nasionalisme radikal Yugoslavia dan Pan-Serbia menyebar ke seluruh Bosnia dan Herzegovina.

Banyak kalangan yang menginginkan kemerdekaan untuk wilayah tersebut. Kelompok Pemuda Bosnia merupakan salah satu kelompok yang gencar menyerukan untuk mengakhiri kekuasaan Kekaisaran Austro-Hongaria di tanah Bosnia dan Herzegovina.

Seorang anggota kelompok tersebut, Gavrilo Princip, membunuh Franz Ferdinand dan istrinya; Sophie, pada 28 Juni 1914, ketika mereka berada di Sarajevo.

Princip dan kaki tangannya berhasil ditangkap, sekaligus menguak keterlibatan masyarakat militer rahasia Serbia yang disebut "Penyatuan atau Kematian".

Kelompok yang dikenal sebagai "Black Hand [Tangan Hitam]” ini merupakan bentukan anggota tentara Serbia pada 1911. Keinginan mereka adalah menyatukan semua wilayah dengan mayoritas penduduk Slavia Selatan.

3. Dua Kali Upaya Pembunuhan

Sebelum berhasil dibunuh, Franz Ferdinand juga menghadapi upaya pembunuhan. Peristiwa tersebut terjadi di hari yang sama, yaitu pada 28 Juni 1914.

Nedeljko Čabrinović, kaki tangan Gavrilo Princip, melemparkan granat tangan ke mobil Franz Ferdinand, sebagai upaya pembunuhan pertama. Namun, granat itu terpantul lalu jatuh di bagian bawah belakang kendaraan pengiring. Kejadian ini melukai orang-orang yang berada di dalam mobil.

Upaya pembunuhan yang kedua dilakukan saat Franz Ferdinand dalam perjalanan ke rumah sakit. Dia bermaksud mengunjungi orang-orang yang terluka akibat ledakan granat pada percobaan pembunuhan pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)