Ini Kecanggihan Rudal Brimstone Inggris yang Dikirim ke Ukraina

Jum'at, 20 Januari 2023 - 19:30 WIB
loading...
Ini Kecanggihan Rudal...
Rudal Brimstone-1 yang dikirim Inggris ke Ukraina dapat diluncurkan dari darat dan udara. Foto/Sofrep
A A A
JAKARTA - Pemerintah Inggris akan mengirim 600 rudal Brimstone ke Ukraina. Hal tersebut dilakukan untuk membantu Ukraina melawan pasukan Rusia. Diketahui, rudal Brimstone dirancang oleh GEC Marconi pada 1996. Kemudian mulai diproduksi oleh MBDA UK yang berbasis di Henlow, sejak 1999. Berikut kecanggihan rudal Brimstone Inggris untuk Ukraina.

1. Dapat Diluncurkan dari Darat atau Udara

Rudal Brimstone dapat diluncurkan dari darat atau udara. Penembakan rudal yang diluncurkan dari darat telah berhasil dilakukan di Yuma Proving Grounds, Arizona, Amerika Serikat (AS). Rudal ini dapat ditembakkan dari peluncuran darat, baik diam atau bergerak, dan dapat dipasang pada kendaraan pengintai. Sementara itu, saat diluncurkan dari udara, rudal dapat memenuhi serta melampui senjata anti-lapis baja jarak jauh.

2. Mampu Memburu Tank Rusia

Rudal Brimstone ini mampu memburu tank Rusia. Selain itu, dapat juga memilih targetnya sendiri. Rudal Brimstone milik Inggris dikirim ke Ukraina pada 21 November 2022. Rudal tersebut membantu menghentikan upaya pasukan Rusia untuk bergerak maju.

3. Dilengkapi dengan Pencari Radar Gelombang Milimeter

Rudal Brimstone dilengkapi dengan pencari radar gelombang millimeter yang beroperasi pada 94GHz. Hal tersebut memberikan kemampuan untuk dapat beroperasi di segala kondisi cuaca, siang, dan malam. Radar millimeter dapat meredam lebih cepat dibanding radar sentimeter konvensional pada keadaan hujan ataupun kabut. Selain itu, juga mempunyai penetrasi yang tinggi daripada sistem sensor infra merah saat digunakan.

4. Dilengkapi Autopilot Digital

Rudal Brimstone dilengkapi dengan autopilot digital. Autopilot digital ini mampu memberikan panduan di tengah jalan serta menggunakan sistem pengukuran inersia digital berakurasi tinggi. Selain itu, sistem panduan yang canggih pada unit kontrol menggunakan koordinat target, kecepatan, data lintasan rudal untuk mengontrol dan menghasilkan jalur yang optimal ke target.

5. Dapat Ditembakkan Secara Salvo

Rudal Brimstone dapat ditembakkan secara salvo. Diketahui, rudal dapat keluar dari satu platform serta menyebar untuk menutupi area yang luas. Rudal ini dapat diterbangkan ke koridor yang sama untuk menyerang formasi. Algoritma pada komputer mengurangi kemungkinan lebih dari satu rudal mengenai target yang sama.
(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)