Rusia-China Akan Gelar Latgab di Lepas Pantai Afrika Selatan

Kamis, 19 Januari 2023 - 23:20 WIB
loading...
Rusia-China Akan Gelar Latgab di Lepas Pantai Afrika Selatan
Pasukan Rusia-China akan menggelar latihan gabungan di lepas pantai Afrika Selatan. FOTO/Reuters
A A A
JOHANNESBURG - Rusia dan China akan melakukan latihan Angkatan Laut di Samudra Hindia, di lepas pantai Afrika Selatan bulan depan. Ini merupakan indikasi lain dari penguatan hubungan mereka dengan negara paling maju di Afrika.

Angkatan Bersenjata Afrika Selatan mengatakan pada Kamis (19/1/2023), bahwa mereka dan Angkatan Laut Rusia dan China akan terlibat dalam "latihan maritim multinasional" dari 17-27 Februari di lepas pantai timur Afrika Selatan dekat kota Durban dan Teluk Richards.



Pengumuman itu datang beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengunjungi Afrika Selatan dan mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Afrika Selatan Naledi Pandor.

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan tahun lalu, bahwa mereka telah mengadopsi sikap netral atas Ukraina dan menyerukan dialog dan diplomasi. Tetapi, latihan Angkatan Laut yang akan datang telah membuat partai oposisi utama negara itu menuduh pemerintah secara efektif memihak Rusia.

Pemerintah Afrika Selatan menyangkal telah memihak dan menyerukan diakhirinya perang di Ukraina. Tetapi, Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan (SANDF), mengatakan latihan Angkatan Laut bulan depan akan “memperkuat hubungan yang sudah berkembang antara Afrika Selatan, Rusia dan China”.

“Tujuan dari latihan tersebut adalah berbagi keterampilan dan pengetahuan operasional,” kata pernyataan SANDF, seperti dikutip dari AP.



Ketiga negara juga melakukan latihan Angkatan Laut serupa pada 2019 di Cape Town. Sementara Rusia dan China menggelar latihan Angkatan Laut bersama di Laut China Timur bulan lalu.

Afrika Selatan, mitra utama Barat, adalah salah satu dari beberapa negara Afrika yang abstain dalam pemungutan suara PBB tahun lalu yang mengutuk invasi Rusia. Amerika Serikat dan Uni Eropa berharap Afrika Selatan akan mendukung kecaman internasional terhadap Rusia dan bertindak sebagai pemimpin bagi negara-negara lain di Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)