Antisipasi Wabah Covid-19 dari China, Malaysia Perketat Pemeriksaan di Perbatasan

Senin, 02 Januari 2023 - 21:40 WIB
Antisipasi Wabah Covid-19 dari China, Malaysia Perketat Pemeriksaan di Perbatasan. FOTO/Reuters
KUALA LUMPUR - Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH) bersiap untuk memperketat pemeriksaan kesehatan. Langkah ini diambil sebagai bagian dari kebijakan perbatasan pandemi, dengan munculnya kembali kasus Covid-19 di China.

Menteri Kesehatan Dr Zaliha Mustafa mengatakan, kementeriannya menanggapi dengan serius kekhawatiran masyarakat terkait peningkatan kasus COVID-19 di China, serta pembatasan yang diberlakukan oleh beberapa negara terhadap pelancong dari Beijing.



"Itu akan diterapkan jika perlu, tidak hanya pada pengunjung atau pelancong (Malaysia dan non-warga negara) yang datang dari China tetapi juga dari negara lain," katanya dalam sebuah pernyataan, Senin (2/1/2023).

“Kementerian akan meningkatkan metode untuk menahan penyebaran infeksi COVID-19 di negara tersebut serta kesiapan untuk menghadapi kemungkinan peningkatan kasus epidemi," lanjutnya, seperti dikutip dari Bernama.



Dr Zaliha juga mengatakan, berdasarkan informasi yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia, varian dan subvarian di China telah terdeteksi di Malaysia.



Sementara Direktur Jenderal Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan, ini adalah dua varian utama COVID-19 yang menyebar dengan cepat di China - BA.5.2 dan BF.7 - yang menyumbang hampir 80 persen dari jenis yang ditemukan di negara tersebut.

Dr Zaliha menambahkan, Malaysia akan segera menerima pasokan vaksin COVID-19 bivalen, karena dia mendesak lebih banyak orang - terutama individu yang berisiko tinggi - untuk mendapatkan suntikan penguat mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More