5 Negara Amerika Latin dengan Populasi Muslim Terbanyak

Selasa, 13 Desember 2022 - 20:28 WIB
Kini umat Islam berperan aktif di Majelis Nasional dan terus menyuarakan antidiskriminasi.

3. Venezuela

Selanjutnya, ada negara Venezuela yang memiliki populasi Muslim sebanyak 100 ribu sampai 150 ribu orang.

Islam merupakan agama minoritas di Venezuela, sementara agama yang paling banyak dianut adalah Katolik Roma dan Protestan.

Berbagai sumber menyebut bahwa sebagian besar masyarakat Muslim di Venezuela memiliki darah Palestina, Turki, Suriah, dan Lebanon.

4. Kolombia

Penduduk Muslim di Kolombia diperkirakan mencapai 85 ribu sampai 100 ribu orang. Melansir The Guardian, ada satu wilayah di Kolombia yang menjadi rumah bagi komunitas Muslim, yakni Buenaventura.

Islam pertama kali hadir di kota tersebut pada tahun 1960-an, kala seorang pelaut Afrika-Amerika bernama Esteban Mustafa Melendez menyebarkan ajaran Islam kepada para pekerja di pelabuhan.

Sebagian besar penduduk Muslim di negara ini adalah keturunan Arab yang dahulu berdagang.

5. Meksiko

Meksiko memiliki sekitar 7.982 masyarakat Muslim pada tahun 2020. Melansir artikel 2021 Report on International Religious Freedom: Mexico yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri AS, komunitas Muslim di negara itu sebagian besar terkonsentrasi di Mexico City.

Sisanya, berada di negara bagian Chiapas. Pada tahun 2030, Pew Research memproyeksikan bahwa jumlah Muslim di Meksiko akan bertambah menjadi 126 ribu jiwa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More