Komandan Lituania: Pasukan AS Siap Tempur di Perbatasan Rusia

Sabtu, 03 Desember 2022 - 02:05 WIB
Prajurit Angkatan Bersenjata Lituania berbaris selama kunjungan Presiden Lituania Gitanas Nauseda di Druskininkai, Lituania, 22 November 2021. Foto/REUTERS/Janis Laizans
VILNIUS - Pasukan Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di Lituania telah mengubah sikap mereka dari pencegahan Rusia menjadi kesiapan tempur.

Kepala Pertahanan Lituania Letnan Jenderal Valdemaras Rupsys mengungkapkan hal itu di tengah perang yang masih berkecamuk antara Rusia dan Ukraina.

Lituania berbatasan dengan eksklaf Kaliningrad Rusia di Laut Baltik, serta dengan Belarusia dan Latvia.

“Faktor utamanya biasanya adalah pencegahan, demonstrasi bahwa mereka ada di sini dan dapat meningkatkan kekuatan kami kapan saja,” ungkap Rupsys kepada radio LRT, Jumat.





“Dan sekarang situasinya telah berubah: unit-unit itu dikerahkan agar mereka dapat segera bertempur. Ini adalah transisi yang mulus dari satu mode ke mode lainnya,” ujar dia.

“Setidaknya hingga 2025, kami akan merotasi unit-unit AS yang akan melakukan pelatihan militer dan berfungsi sebagai faktor pencegahan, tetapi juga siap melakukan tindakan defensif bersama kami dan sekutu lainnya,” papar dia.



Kepala pertahanan mengatakan pada Rabu bahwa dia telah diyakinkan Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley bahwa pasukan Amerika akan memiliki "kehadiran yang gigih di Lituania."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More