7 Negara yang Gabung NATO Setelah Perang Dingin

Sabtu, 12 November 2022 - 17:20 WIB
2. Polandia

Melansir dari Website of the Republic of Poland, Polandia telah berniat untuk bergabung ke NATO sejak 1990 melalui kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Krzysztof Skubiszewski dan pemerintah Tadeusz Mazowiecki.

Barulah pada Januari 1999, Sekretaris Jenderal NATO Javier Solana mengeluarkan undangan resmi untuk menjadi anggota Aliansi. Sehingga Polandia secara resmi bergabung bersama Republik Ceko pada 12 Maret 1999.

3. Hungaria

Dari artikel bertajuk How NATO Joined Hungary yang ditulis Donald Blinked (Mantan Dubes AS), Setelah pasukan Rusia meninggalkan Hungaria pada 1991, empat tahun berselang Amerika Serikat di bawah komando NATO mengundang Hungaria untuk bergabung. Akhirnya Hungaria tergabung ke dalam NATO bersama dengan Polandia dan Republik Ceko pada tanggal 12 Maret 1999.



4. Latvia

Dikutip dari Ministry of Defence Republic of Latvia, kerjasama antara Latvia dengan NATO telah berlangsung sejak 20 Desember 1991 dan baru pada 25 April 1999, aliansi itu menyarankan Latvia untuk bergabung. Pada 29 Maret 2004, Latvia secara resmi diakui NATO sebagai salah satu anggotanya bersama dengan enam negara lainnya.

5. Estonia

Menurut Republic of Estonia Ministry of Foreign Affairs, Bergabungnya Estonia ke NATO dimulai dengan diadakannya delegasi yang dibentuk oleh Pemerintah Republik 26 November 2002, yang dipimpin oleh penasihat Kementerian Luar Negeri, Jüri Luik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More