Sempat Dihentikan, Pentagon Mulai Kirim Jet Tempur F-35

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 20:09 WIB
AS mulai kembali mengirimkan jet tempur F-35. Foto/Ilustrasi
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah setuju untuk melanjutkan pengiriman jet tempur F-35 beberapa minggu setelah penemuan komponen buatan China di pesawat tempur canggih itu.

Adalah Politico yang melaporkan hal tersebut. Menurut sumber outlet tersebut, Kongres diberitahu pada hari Jumat bahwa Pentagon telah menyelesaikan penyelidikannya atas masalah tersebut, dengan William LaPlante, wakil menteri pertahanan untuk akuisisi dan keberlanjutan, menandatangani pengabaian keamanan nasional.

Ini berarti bahwa departemen tidak akan memerlukan penggantian suku cadang yang mengandung paduan China dalam jet yang telah dikirim seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (8/10/2022).



Pengadaan jet tempur generasi ke-5 dihentikan pada awal September setelah Lockheed Martin, kontraktor utama pembangunan pesawat, melaporkan pesawat tempur itu memiliki magnet di mesin yang menggunakan paduan kobalt dan samarium yang berasal dari China. Namun, pada saat itu, Pentagon bersikeras bahwa materi tersebut tidak menimbulkan ancaman.



Menurut surat yang dikirim oleh LaPlante ke Kongres pada 7 Oktober, seperti dikutip oleh Breaking Defense, pengabaian tersebut akan memungkinkan penerimaan 126 pesawat F-35 yang mengandung bahan khusus yang tidak sesuai.

Dia juga dilaporkan mengatakan bahwa pesawat yang sudah dikirim memiliki lebih dari 500.000 jam terbang tanpa kegagalan yang dikaitkan dengan magnet berkinerja tinggi yang mengandung logam khusus.



Perhatian utama Pentagon adalah bahwa paduan China dapat melanggar Peraturan Akuisisi Federal Pertahanan, seperangkat peraturan yang luas untuk sistem pengadaan departemen. Namun, sementara proses akuisisi dihentikan, Lockheed Martin terus memproduksi pesawat tempur.

Perusahaan berencana untuk memasok AS dan mitra internasionalnya hingga 153 jet tempur pada tahun 2022, dan sejauh tahun ini telah mengirimkan 88 buah. Program jet tempur F-35 mencakup delapan mitra internasional – AS, Inggris, Italia, Belanda, Australia, Norwegia, Denmark, dan Kanada, dengan enam negara lain yang membeli dan mengoperasikan jet tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ian)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More