Pembebasan lahan 2 waduk Bogor rampung akhir tahun

Rabu, 05 Februari 2014 - 09:59 WIB
Pembebasan lahan 2 waduk Bogor rampung akhir tahun
Pembebasan lahan 2 waduk Bogor rampung akhir tahun
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI, Joko Widodo menargetkan pembebasan dua waduk di kawasan Ciawi dan Sukamahi, Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dirampungkan akhir tahun ini.

"Akhir tahun rampung supaya tahun depan pembangunan fisiknya bisa dimulai. Saya kira Pak Bupati Bogor bilang Maret sudah mulai pembebasan lahan," katanya di Balai Kota, Rabu (5/1/2014).

Jokowi menerangkan, lahan yang akan dibebaskan sebagai waduk di daerah penyangga itu cukup luas sekitar 142 hektare. Sementara jumlah penduduk di areal waduk tercatat kurang lebih 145 Kepala Keluarga (KK).

"Banyak loh itu, 142 hektare yang dibebasin. Untungnya penduduknya tidak banyak, hanya sekira 145 KK," ujarnya.

Menurut Jokowi, data luas areal waduk di Ciawi dan Sukamahi yang sebelumnya disebutkan 116 dan 107 hektare masih perkiraan dan belum pasti. Namun diperkirakan total luas waduk di Sukamahi dan Ciawi kurang lebih 140 hektare.

"Itu perkiraan belum fix. Masih ada perubahan. Kalau sertifikatnya sudah terkumpul semuanya, baru dihitung. Kurang lebih 140 hektare, di Ciawi dan Sukamahi," bebernya.

Ia menjelaskan, meski dibangun terpisah, dua waduk di kawasan Kabupaten Bogor itu disambung menjadi satu aliran karena jarak antar kedua baskom penampung air tersebut cukup dekat.

"Itu gabung, sambung kok alirannya, hanya enggak berdempetan, tapi berdekatan," tuturnya.

Menurut Jokowi, aliran air di kedua waduk itu akan disambung menjadi satu melewati wilayah Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)