Stoltenberg: NATO Hadapi Tantangan Terbesar Sejak Perang Dunia II

Rabu, 29 Juni 2022 - 20:45 WIB
KTT dibuka dengan salah satu masalah blok diselesaikan, setelah Turki setuju pada hari Selasa untuk mengangkat oposisi ke Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO. Menanggapi invasi, kedua negara Nordik meninggalkan status non-blok mereka yang telah lama dipegang dan mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO sebagai perlindungan terhadap Rusia yang semakin agresif dan tidak dapat diprediksi – yang berbatasan dengan Finlandia.

Berbicara kepada Al Jazeera, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan, pengaturan itu akan saling menguntungkan, dengan “demokrasi yang kuat” dan “tentara yang kuat” dari Swedia dan Finlandia memperkuat NATO.



Dia menambahkan rencana untuk meningkatkan kemampuan NATO tidak berarti blok itu mencari konfrontasi dengan Rusia. “Itu berarti kami siap ketika kami membutuhkannya, tetapi ketika kami tidak pernah ingin memiliki eskalasi dengan Rusia,” katanya.

“Yang kami inginkan hanyalah hidup damai di Eropa, dan oleh karena itu kami memperjelas bahwa kami siap membela diri dan mempersiapkan semua struktur untuk apa yang kami butuhkan. Jika seandainya kami perlu berada di sana, kami ada di sana,” tandasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More