Negara Mitra NATO Non-Anggota, Nomor 2 Ingin Bergabung

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:01 WIB
3. Korea Selatan

NATO dan Korea Selatan bekerja sama untuk mengatasi tantangan keamanan seperti cyber defense, kontra-terorisme, hingga proyek ilmu sipil terkait keamanan, pertahanan biologi, kimia, radiologi nuklir, dan penanggulangan bencana.

Korea Selatan tertarik meningkatkan interoperabilitas melalui pertukaran personel sipil dan militer, berpartisipasi dalam pendidikan, pelatihan bersama, dan kerja sama di bidang standardisasi logistik.

4. Jepang

Jepang merupakan negara yang dikelilingi oleh laut dan memiliki kemajuan teknologi yang pesat. Untuk itu, kerja sama Jepang dengan NATO berkaitan dalam hal mengatasi tantangan keamanan bersama, yaitu mencakup bidang keamanan maritim, cyber defense, dan non-proliferasi.

Skuadron pelatihan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang telah dilatih dengan kapal-kapal NATO di lepas pantai Spanyol dan di Laut Baltik.

Jepang juga telah menunjuk seorang perwira penghubung untuk Komando Maritim NATO.

5. Austria

Hubungan Austria dengan NATO dimulai pada tahun 1995 melalui kerangka kemitraan untuk perdamaian.

NATO dan Austria secara aktif bekerja sama dalam operasi dukungan perdamaian, dan telah mengembangkan kerja sama praktis di berbagai bidang lainnya.

Austria bekerja bersama Sekutu dalam operasi keamanan dan pemeliharaan perdamaian di Bosnia Herzegovina serta Afghanistan. Saat ini Austria memiliki personel yang dikerahkan di Kosovo.

6. Uzbekistan

NATO dan Uzbekistan bekerja sama di berbagai bidang, termasuk kesiapan sipil, pengembangan angkatan bersenjata, dan penjagaan keamanan.

NATO mendukung proses reformasi demokrasi dan kelembagaan di Uzbekistan, khususnya di bidang reformasi sektor pertahanan dan keamanan.

Untuk itu, Uzbekistan berpartisipasi dalam Program Peningkatan Pendidikan Pertahanan NATO, yang memberikan keahlian tentang cara membangun, mengembangkan, dan mereformasi lembaga pendidikan di bidang keamanan, pertahanan, dan militer.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More