Ukraina Tuduh Pasukan Rusia Jarah Museum Emas Scythian Melitopol

Senin, 02 Mei 2022 - 18:00 WIB
Ukraina Tuduh Pasukan Rusia Jarah Museum Emas Scythian Melitopol. FOTO/UPI
KIEV - Pejabat Ukraina menuduh pasukan Rusia menyerbu Museum Sejarah Lokal Melitopol dan mencuri artefak emas Scythian yang langka. Ini adalah tudingan terbaru yang dilayangkan Ukraina selama masa invasi Rusia ke wilayah Ukraina.

"Para Orc telah mengambil emas Scythian kami," kata Walikota Melitopol Ivan Fedorov, menurut Ukrinform -- kantor berita dan informasi negara itu, seperti dikutip dari UPI, Sabtu (30/4/2022).



“Ini adalah salah satu koleksi terbesar dan termahal di Ukraina, dan hari ini kami tidak tahu di mana mereka membawanya, apakah itu disembunyikan atau dicuri. Kami tidak tahu nasibnya, tetapi tentu saja emas ini telah dicuri. dari komunitas kami. Dan, saya berharap kami bisa mendapatkannya kembali," lanjutnya.

Leila Ibrahimova, Direktur Museum Sejarah Lokal Melitopol, mengatakan kepada The New York Times bahwa pasukan Rusia telah menculik seorang penjaga museum di bawah todongan senjata dan memerintahkannya untuk menunjukkan kepada mereka artefak yang disembunyikan museum sebelumnya dalam invasi.



Seorang "pria misterius" dengan jas lab putih bersama pasukan, ketika mereka muncul di museum pada hari Rabu dan menggunakan sarung tangan khusus untuk mencuri artefak kuno dari kotak kardus tempat mereka disimpan di ruang bawah tanah museum, The New York Times melaporkan.



“Secara keseluruhan, pasukan Rusia menjarah setidaknya 198 item emas, senjata tua yang langka, koin perak berusia berabad-abad, dan medali khusus,” kata Ibrahimova.

Ibrahimova sendiri diculik oleh pasukan Rusia pada pertengahan Maret, menurut siaran pers saat itu dari National Museum of the Holodomor-Genocide di Kyiv.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More