Pentagon: Kapal Perang Rusia Dihantam 2 Rudal Ukraina sebelum Tenggelam

Sabtu, 16 April 2022 - 05:08 WIB
Moskva, kapal perang kebanggaan Rusia yang tenggelam di Laut Hitam setelah dilanda kebakaran dan ledakan. Ukraina mengeklaim rudalnya menyerang kapal tersebut. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Kapal perang Moskva milik Rusia dihantam dua rudal Ukraina sebelum tenggelam di Laut Hitam. Demikian disampaikan seorang pejabat senior Pentagon pada Jumat, menyebutnya sebagai “pukulan besar” bagi Moskow.

Memberi pengarahan kepada wartawan dengan syarat anonim, pejabat itu mengonfirmasi klaim Kiev tentang insiden itu—yang menurut Rusia disebabkan oleh amunisi yang meledak di kapal.

"Kami menilai bahwa mereka menghantamnya dengan dua Neptune," kata pejabat Pentagon itu, mengacu pada rudal jelajah anti-kapal Ukraina.

Dia mengatakan serangan itu diyakini telah menyebabkan korban. "Tetapi sulit untuk menilai berapa banyak," ujarnya, seperti dikutip AFP, Sabtu (16/4/2022).





Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat telah mengamati orang-orang yang selamat ditemukan oleh kapal-kapal Rusia lainnya di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Rusia mengatakan para awak kapal perang Moskva telah dievakuasi ke kapal-kapal terdekat.

Kapal penjelajah rudal yang tenggelam itu telah memimpin upaya Angkatan Laut Rusia dalam konflik tujuh minggu di Ukraina, memainkan peran sentral dalam pengepungan kota pelabuhan Mariupol.

Kapal itu tenggelam pada Kamis setelah ledakan dan kebakaran yang diklaim Ukraina disebabkan oleh serangan rudal.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More