Iran Bertekad Cairkan Aset Rp100 Triliun di Korea Selatan

Selasa, 12 April 2022 - 03:15 WIB
Iran Bertekad Cairkan Aset Rp100 Triliun di Korea Selatan. FOTO/Anadolu Agency
TEHERAN - Iran menyatakan pada Senin (11/4/2022), bahwa mereka akan menerima sebagian dari asetnya senilai USD7 miliar (Rp100 triliun) yang dicairkan oleh Korea Selatan pada akhir minggu ini, lapor Kantor Berita Anadolu Agency.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Saeed Khatibzadeh, mengatakan pada jumpa pers di Teheran, bahwa kerangka kerja yang diperlukan untuk membuka blokir aset telah diidentifikasi dan disepakati.



“Delegasi tingkat tinggi dari negara regional akan mengunjungi Teheran minggu ini untuk menyelesaikan mekanisme untuk membuka blokir "aset signifikan",” kata Khatibzadeh tanpa menyebut nama negara itu.

Teheran menuduh Seoul membekukan lebih dari USD7 miliar cadangan devisa di bawah tekanan AS. Masalah ini telah menyebabkan hubungan yang berantakan antara kedua negara, meluas ke berbagai bidang.



Pada bulan Januari, Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Ali Bagheri, mengatakan kepada rekan Korea Selatannya, Choi Jong-kun, di sela-sela pembicaraan nuklir Wina bahwa Seoul "wajib" untuk melepaskan aset beku Iran, dan bahwa sanksi AS tidak dapat membenarkan non -pembayaran.



Pengumuman resmi pada hari Senin mengikuti spekulasi media yang intens berhari-hari bahwa aset yang dibekukan akan dirilis dan ditransfer ke rekening bank Iran pada pola kerangka kerja di mana Inggris merilis aset Iran.

Laporan beredar bahwa aset Iran di Korea Selatan akan diblokir dengan imbalan pembebasan tiga orang Iran-Amerika - Morad Tahbaz, Baqer Namazi dan Siamak Namazi - yang dipenjara di Iran.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More