Momok Perang Senjata Kimia Berkobar Lagi, Pakar Sudutkan Putin

Rabu, 30 Maret 2022 - 00:52 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. Pakar sudutkan Putin dalam isu perang senjata kimia di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto/REUTERS
KYIV - Momok perang senjata kimia kembali berkobar setelah delegasi pembicaraan damai Ukraina-Rusia diduga mengalami serangan racun. Pakar menyudutkan Presiden Rusia Vladimir Putin yang dianggap memiliki rekam jejak dalam penggunaan senjata kimia terhadap musuh-musuhnya di masa lalu.

Beberapa negosiator dalam pembicaraan damai Ukraina-Rusia—termasuk miliarder oligarki Rusia Roman Abramovich—telah menunjukkan gejala keracunan. Tidak ada yang dilaporkan dalam bahaya, meskipun Abramovich dilaporkan media Barat bahwa dia mengaku kehilangan penglihatannya selama berjam-jam.

Kelompok investigasi Bellingcat mengutip seorang spesialis senjata kimia melaporkan, dosis kecil kemungkinan dimaksudkan untuk mengintimidasi.



Tetapi Profesor Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di Universitas Minnesota, menunjukkan kemudahan yang digunakan Putin untuk menggunakan metode yang dibenci dan tidak pandang bulu di masa lalu. Dan itu adalah peringatan untuk masa depan.



“Sekarang, ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menggandakan petualangan militernya yang terhenti di Ukraina, ancamannya menjadi akut,” kata Osterholm.

“Betapapun tidak masuk akalnya serangan biologis atau kimia, Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya perlu memainkan skenario terburuk, menginventarisasi sumber daya yang mereka miliki untuk menangani serangan biologis dan kimia, dan dengan cepat meningkatkan sumber daya tersebut," ujarnya. “Tidak ada waktu untuk kalah.”

Ada alasan mengapa metode seperti itu dicap sebagai senjata pemusnah massal.

“Situs kontaminasi antraks sebesar kota Ukraina kemungkinan hanya akan menjadi tanah tak bertuan yang terbengkalai, mirip dengan bakteri Chernobyl,” kata Profesor Osterholm.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More