Profil Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin, Pakar Pajak dan Teknologi

Senin, 14 Maret 2022 - 18:19 WIB
Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin. Foto/REUTERS
MOSKOW - Sebagian orang mungkin penasaran dengan profil Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin yang didaulat Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggantikan Dmitry Medvedev.

Menurut Kremlin, PM baru itu adalah pemimpin Layanan Pajak Federal Rusia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut profil Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin.

Teknokrat Moskow



Lahir di Moskow pada tahun 1966, Mikhail Vladimirovich Mishustin tidak dianggap sebagai politisi terkemuka di Rusia dan karirnya cenderung sebagai sosok teknokratis, hingga sekarang.

Dia telah berkecimpung di bidang pajak sejak tahun 1998 dan telah memimpin Dinas Pajak Federal sejak 2010.



Pada 2008, ia juga didapuk sebagai kepala perusahaan investasi Rusia UFG, yang pada saat itu berkolaborasi dengan Deutsche Bank Jerman.



Meskipun karirnya berfokus pada pajak, Mishustin mulanya dididik untuk menjadi insinyur, lulus dari Institut Instrumen Mesin STANKIN di Moskow (sekarang Universitas Teknologi Negeri Moskow STANKIN) pada tahun 1989. Menurut biografi resminya, ia menyandang gelar PhD di bidang ekonomi.

Dia juga bertugas sebagai ahli IT pada 1990-an di International Computer Club, yang menurut kantor berita Rusia TASS, berfungsi untuk menarik "teknologi informasi barat yang canggih ke Rusia."

Pecinta Teknologi

Mishustin mirip dengan pendahulunya Medvedev dalam memboyong teknologi dan dikenal luas karena mendigitalkan sistem pajak Rusia.

Ini telah berhasil memerangi penghindaran pajak dan mengubah banyak usaha kecil informal menjadi ekonomi formal.

Baru tahun lalu, Mishutin memberi tahu Kommersant bahwa Rusia harus merangkul kecerdasan buatan dan teknologi digital dengan mengatakan, "Jika kita tidak mengerti bagaimana dunia ini berkembang dan apa aturannya, jika kita bersikeras bahwa negara kita adalah bagian dari orde lama, dunia baru ini akan menjadikan kita sebagai korban."

Penggemar Olahraga Hoki

Seperti Putin, Perdana Menteri Mishustin merupakan pegiat olahraga hoki. Dia merupakan salah satu anggota dewan Federasi Hoki Es Rusia.

Mishustin menikah dan memiliki tiga orang putra. Dalam daftar yang diterbitkan oleh Forbes Rusia, Mishustin adalah pejabat negara dengan bayaran tertinggi ke-54 dengan pendapatan 183,31 juta rubel pada tahun 2015.

Menurut Reuters, istrinya melaporkan pendapatan 47,709 juta rubel selama periode ini.
(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More