Presiden Ukraina Zelensky Ungkap Tujuan Negosiasi Bertemu Putin

Senin, 14 Maret 2022 - 17:47 WIB
loading...
Presiden Ukraina Zelensky Ungkap Tujuan Negosiasi Bertemu Putin
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato video pada Minggu malam (13/3/2022) bahwa tujuan utama para negosiator Kiev adalah membuka jalan bagi pertemuan langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia juga berharap pembicaraan akan mengarah pada jaminan keamanan.

“Delegasi kami memiliki tugas yang jelas, untuk melakukan semua yang mereka bisa sehingga pertemuan antara presiden berlangsung, pertemuan itu saya yakin rakyat sedang menunggu,” ujar dia dalam pidato video yang dipublikasikan di saluran Telegram resmi presiden Ukraina.



Menurutnya, “Tujuan dari negosiasi adalah mendapatkan jaminan keamanan yang efektif, tidak seperti di Budapest atau seperti di langit kita, tetapi jaminan yang dapat dikatakan oleh pihak Ukraina: ini berhasil, ini adalah jaminannya.”



Ukraina menandatangani Memorandum Budapest tentang Jaminan Keamanan pada 1994 bersama dengan Rusia, Amerika Serikat (AS), dan Inggris, di mana Ukraina bergabung dengan Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT) dan setuju menyerahkan persenjataan nuklirnya sendiri, sambil menerima jaminan keamanan dari pihak lain sebagai imbalannya.



Ukraina mengklaim perjanjian itu dilanggar Rusia pada 2014 ketika Moskow "menduduki" Krimea dan republik Donetsk dan Lugansk. Tuduhan itu dibantah Moskow.

Pada Februari, Zelensky mengklaim Memorandum Budapest tidak lagi menjamin keamanan ke Ukraina, sehingga negara tersebut dapat membatalkan keputusannya untuk tidak memiliki senjata nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)