Belarusia Inginkan Sistem Rudal Berkemampuan Nuklir Rusia, Barat Makin Waswas

Minggu, 14 November 2021 - 05:30 WIB
Sistem rudal Iskander buatan Rusia menjadi salah satu ancaman NATO. Foto/dfnc.ru
MINSK - Belarusia ingin mengerahkan sistem rudal Iskander berkemampuan nuklir buatan Rusia. Rudal itu akan dikerahkan di wilayah selatan dan barat negara itu.

Keinginan itu diungkapkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dalam wawancara dengan majalah pertahanan Rusia yang diterbitkan pada Sabtu (13/11/2021).

Rusia adalah sekutu dekat Belarusia yang dituduh Uni Eropa (UE) merekayasa krisis di perbatasannya dengan membiarkan ribuan migran mendekati perbatasan blok UE.



Para migran itu mencoba menyeberang secara ilegal ke Polandia. Brussels bersiap memberikan sanksi kepada Minsk terkait kasus migran itu.





Lukashenko mengatakan kepada majalah National Defence bahwa ia membutuhkan sistem rudal balistik bergerak Iskander, yang memiliki jangkauan hingga 500 kilometer.



Rudal tersebut dapat membawa hulu ledak konvensional atau nuklir. Selama ini rudal tersebut menjadi salah satu ancaman bagi NATO dan negara-negara Barat yang memusuhi Rusia. “Saya butuh beberapa divisi di barat dan selatan, biarkan mereka berdiri (di sana),” ujar dia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More