Rusia Menentang Tatanan Dunia Barat yang 'Tercemar secara Ideologis'

Selasa, 29 Juni 2021 - 00:01 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov. Foto/anadolu
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengecam tatanan dunia berbasis aturan yang dipromosikan Barat.

Dalam artikel untuk harian Rusia Kommersant, Sergey Lavrov mengatakan tatanan berbasis aturan tidak dieja dengan benar dan tidak memiliki konten khusus, memungkinkan tuduhan "pelanggaran aturan" ketika bertentangan dengan keinginan Barat.

“Semakin kurang spesifik yang mereka dapatkan, semakin bebas tangan mereka untuk melakukan praktik sewenang-wenang menggunakan taktik kotor sebagai cara untuk menekan pesaing,” tulis Lavrov.



Menurut Lavrov, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan NATO baru-baru ini menunjukkan Barat akan melakukan urusan internasional hanya berdasar apa yang dianggapnya benar dan akan mendorong pihak lain untuk mengikuti jejaknya.





Lavrov secara khusus menyebutkan Piagam Atlantik Anglo-Amerika yang disetujui Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada 10 Juni 2021 di sela-sela KTT G7, dengan mengatakan piagam itu dirancang sebagai titik awal untuk membangun tatanan dunia baru, dipandu semata-mata oleh “aturan” Barat.



Dalam dokumen-dokumen yang "tercemar secara ideologis" ini, Barat menyatakan haknya yang diberikan sendiri untuk membentuk kembali negara-negara "non-demokratis" menurut norma-norma Barat, yang dicirikan Lavrov sebagai "sikap imperial, neo-kolonial dalam hubungannya dengan negara-negara ketiga."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More