Drone-drone Houthi Serang Kilang Minyak Arab Saudi di Riyadh

Jum'at, 19 Maret 2021 - 23:19 WIB
Drone-drone milik pemberontak Yaman, Houthi, menyerang kilang minyak Arab Saudi di Riyadh. Foto/Ilustrasi
RIYADH - Sejumlah drone menargetkan kilang minyak di Ibu Kota Arab Saudi , Riyadh, pada Jumat pagi. Serangan itu memicu kebakaran yang dapat dikendalikan, demikian dikatakan seorang pejabat Kementerian Energi Arab Saudi seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Sumber itu juga mengatakan tidak ada korban luka yang dilaporkan, menambahkan bahwa serangan itu tidak mempengaruhi pasokan minyak maupun turunannya.

"Kerajaan menegaskan bahwa tindakan terorisme dan sabotase, yang berulang kali dilakukan terhadap instalasi vital dan warga sipil tidak menargetkan Kerajaan saja, tetapi lebih luas lagi keamanan dan stabilitas pasokan energi ke dunia, serta ekonomi global," kata sumber itu, menurut SPA, yang dikutip Al Arabiya, Jumat (19/3/2021).



Kelompok pemberontak Yaman, Houthi , mengklaim serangan tersebut. Kelompok tersebut menyatakan serangan itu dilakukan menggunakan enam drone seperti dikutip dari Al Araby.



Milisi Houthi Yaman secara teratur meluncurkan drone dan rudal ke Arab Saudi. Sebagian besar serangan itu berhasil dicegat Riyadh.

Pada 7 Maret, Koalisi Arab mengatakan rentetan drone dan rudal telah dicegat dalam perjalanan ke sejumlah sasaran termasuk tempat penyimpanan minyak di Ras Tanura, situs kilang dan fasilitas pemuatan minyak lepas pantai terbesar di dunia. Sebuah kompleks perumahan di Dhahran yang digunakan oleh perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, juga menjadi sasaran.



Beberapa serangan sebelumnya telah mengenai Bandara Internasional Abha, yang berjarak sekitar 120 kilometer dari perbatasan dengan Yaman.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More