Tahun Baru, Kim Jong-un Nyekar ke Makam Ayah dan Kakeknya

Jum'at, 01 Januari 2021 - 15:15 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong-un nyekar ke makam ayah dan kakeknya pada malam tahun baru. Foto/VOA
SEOUL - Media pemerintah Korea Utara (Korut) melaporkan pemimpin negara itu, Kim Jong-un , menandai tahun baru 2021 dengan mengunjungi makam ayah dan kakeknya. Ia juga mengirimkan surat kepada warga negaranya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana ia kerap memberikan pidato awal tahun.

(Baca juga : AS Tarik Kapal Induk Nimitz dari Timur Tengah Meski Tegang dengan Iran )

Media pemerintah Korut menunjukkan kerumunan massa yang mengenakan masker berteriak riuh saat menyaksikan konser dan pertunjukkan kembang api menyambut tahun baru di alun-alun utama di Ibu Pyongyang pada Kamis malam.



Saat jam menunjukkan tengah malam, Kim Jong-un serta para pemimpin senior lainnya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, di mana jenazah ayah dan kakeknya - penguasa Korut sebelumnya - terbaring di bawah kaca.

(Baca juga : Cuma Jual 79 Unit Mobil Sebulan, Honda Stop Jualan di Rusia Mulai 2022 )

KCNA melaporkan Kim Jong-un juga didampingi oleh delegasi Kongres Partai Kedelapan, pertemuan politik langka yang akan diadakan pada awal Januari.

"Bersama-sama para pemimpin dan delegasi menguatkan janji teguh mereka untuk memuliakan Kongres Partai ke-8 sebagai titik tolak dalam perkembangan Partai dan revolusi," bunyi laporan KCNA yang dinukil Reuters, Jumat (1/1/2021).(Baca juga: Korea Utara Siapkan Kongres Partai di Tengah Meningkatnya Tantangan )

Kim Jong-un diprediksi akan menggunakan kongres tersebut untuk mengumumkan rencana ekonomi lima tahun yang baru, membuat perubahan kepemimpinan, dan membuat pernyataan politik lainnya.

Sebelumnya, dalam sepucuk surat, Kim Jong-un mengucapkan terima kasih kepada warga Korut karena telah mempercayai dan mendukung Partai yang berkuasa bahkan di masa "sulit".(Baca juga: Ogah Pidato Tahun Baru, Kim Jong-un Tulis Surat untuk Rakyatnya )

Pemimpin Korut itu sebelumnya telah meminta maaf karena gagal memenuhi janji perbaikan ekonomi dan atas kesulitan yang dialami warga akibat sanksi internasional dan langkah-langkah ketat yang bertujuan untuk mencegah wabah virus Corona.

"Di tahun baru juga, saya akan bekerja keras untuk membawa lebih awal era baru di mana cita-cita dan keinginan rakyat kita akan menjadi kenyataan," tulis Kim dalam suratnya, menurut KCNA.

Korut mengklaim tidak memiliki kasus virus Corona yang dikonfirmasi, meskipun para pejabat di Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) mengatakan itu tidak mungkin.

Ekonomi negara yang tertutup itu telah tertekan oleh penguncian perbatasan yang diberlakukan sendiri dan langkah-langkah keras lainnya untuk mencegah wabah COVID-19.(Baca juga: Kim Jong-un Gelar Kongres, Pesawat Mata-mata AS Terbang Dekat Korut )
(ber)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More