Ketegangan Kian Memanas, Taiwan Akan Membalas Jika Diserang China

Senin, 21 September 2020 - 10:30 WIB
Taiwan yang didukung Amerika Serikat (AS) dengan senjata-senjata canggih merupakan pulau yang telah memerintah sendiri sejak berakhirnya perang saudara China puluhan tahun silam. Namun, Beijing masih menganggap pulau itu bagian dari China dan mengancam akan mengambil alih dengan kekuatan militer jika perlu. (Baca juga: Mampukah S-400 Rusia di China Rontokkan Rudal AS di Taiwan? )

Latihan perang terkomputerisasi, yang diadakan pada 14-18 September, mensimulasikan respons angkatan bersenjata Taiwan terhadap percobaan invasi skala penuh oleh China.

Latihan militer Han Kuang, latihan perang tahunan utama Taiwan, biasanya diadakan setiap tahun dalam dua fase, yakni latihan tembak langsung dan latihan di atas meja dengan bantuan komputer. Latihan tembakan langsung sudahh berlangsung pada 13-17 Juli lalu.

Militer Amerika Serikat (AS) telah mengirim delegasi ke Taiwan untuk mengamati latihan perang tahunan Han Kuang sejak 2003, tetapi tidak melakukannya tahun ini karena pandemi Covid-19.

Sebaliknya, pejabat dari American Institute di Taiwan, yang mewakili kepentingan AS di Taiwan tanpa adanya hubungan diplomatik resmi, mengamati latihan perang tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More