Makin Mesra, UEA Terima Kunjungan Delegasi Israel dan AS Hari Ini

Senin, 31 Agustus 2020 - 07:19 WIB
Pemandangan skyline di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto/Ahmed Ramzan/Gulf News
ABU DHABI - Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) pada hari ini (31/8/2020) dijadwalkan menerima kunjungan delegasi Israel dan Amerika Serikat (AS). Delegasi kedua negara itu dipimpin penasihat senior Presiden AS Donald Trump; Jared Kushner, dan Penasihat Keamanan Nasional yang juga kepala Dewan Keamanan Nasional Israel; Meir Ben-Shabbat.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah pengumuman trilateral dan peta jalan menuju kerja sama bersama antara Uni Emirat Arab dan Israel. (Baca: UEA dan Israel Normalkan Hubungan, Bos Mossad Sambangi Emirat )

Delegasi yang berkunjung mencakup sejumlah perwakilan dari berbagai sektor Israel yang akan berada di pesawat komersial Israel pertama yang mendarat di UEA . Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien juga berada dalam rombongan delegasi Amerika.

Selain itu, perwakilan dari sektor investasi, keuangan, kesehatan, penerbangan sipil, kebijakan luar negeri, diplomasi, pariwisata, dan budaya, akan bertemu dengan sejumlah perwakilan lembaga pemerintah UEA untuk membahas cara mengembangkan hubungan di bidang terkait dan mempromosikan aksi bersama dan kesempatan untuk kerjasama.

Kunjungan delegasi AS dan Israel, seperti dikutip Gulf News, dilakukan sebagai bagian dari upaya trilateral untuk menormalisasi hubungan yang membantu mencapai perdamaian, stabilitas, dan mendukung kerja sama bilateral.



Dua pekan lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa UEA dan Israel telah setuju untuk menormalkan hubungan . Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Israel setuju untuk menangguhkan aneksasi wilayah Tepi Barat yang diduduki, meskipun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan rencana itu tidak akan dibatalkan dalam jangka panjang.

Kesepakatan Israel-UEA hanyalah kesepakatan ketiga yang dicapai Israel dengan negara Arab, dan meningkatkan prospek kesepakatan serupa dengan negara-negara Teluk pro-Barat lainnya. (Baca juga: Semakin Mesra, Israel-UEA Akan Bangun Markas Intel Bersama )

Trump mengatakan para pemimpin dari kedua negara akan menandatangani perjanjian di Gedung Putih dalam beberapa minggu mendatang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More