Citra Satelit Tunjukkan Fasilitas Senjata Nuklir Iran Jadi Target Serangan Israel

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:45 WIB
Israel menghancurkan fasilitas senjata nuklir Iran. Foto/X/@RealAirPower1
TEHERAN - Seorang peneliti Amerika David Albright mengatakan serangan udara Israel menghantam sebuah gedung yang merupakan bagian dari program pengembangan senjata nuklir Iran yang sudah tidak beroperasi lagi.

David Albright dan peneliti lain mengatakan fasilitas yang digunakan untuk mencampur bahan bakar padat untuk rudal juga terkena serangan.

Penilaian berdasarkan citra satelit komersial dicapai secara terpisah oleh David Albright, mantan inspektur senjata PBB, dan Decker Eveleth, seorang analis riset asosiasi di CNA, sebuah lembaga pemikir Washington.



Mereka mengatakan kepada Reuters bahwa Israel menyerang gedung-gedung di Parchin, kompleks militer besar di dekat Teheran. Israel juga menyerang Khojir, menurut Eveleth, lokasi produksi rudal yang luas di dekat Teheran.

Reuters melaporkan pada bulan Juli bahwa Khojir tengah mengalami perluasan besar-besaran.

Eveleth mengatakan serangan Israel mungkin telah "secara signifikan menghambat kemampuan Iran untuk memproduksi rudal secara massal."

Militer Israel mengatakan tiga gelombang jet Israel menyerang pabrik rudal dan lokasi lain di dekat Teheran dan di Iran barat pada Sabtu pagi sebagai balasan atas serangan Teheran pada 1 Oktober yang menembakkan lebih dari 200 rudal terhadap Israel.

Militer Iran mengatakan pesawat tempur Israel menggunakan "hulu ledak yang sangat ringan" untuk menyerang sistem radar perbatasan di provinsi Ilam, Khuzestan, dan di sekitar Teheran.

Dalam posting di X, Albright mengatakan citra satelit komersial menunjukkan bahwa Israel menghantam sebuah gedung di Parchin yang disebut Taleghan 2 yang digunakan untuk kegiatan pengujian selama Rencana Amad, program pengembangan senjata nuklir Iran yang sudah tidak berlaku lagi.

Pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional, dan intelijen AS mengatakan Iran menutup program tersebut pada tahun 2003. Iran membantah telah mengembangkan senjata nuklir.

Albright, kepala kelompok penelitian Institut Sains dan Keamanan Internasional, diberi akses ke berkas program untuk sebuah buku setelah dicuri dari Teheran oleh badan intelijen Mossad Israel pada tahun 2018.

Di X, ia mengatakan arsip tersebut mengungkapkan bahwa Iran menyimpan peralatan uji penting di Taleghan 2.

Iran mungkin telah memindahkan material utama sebelum serangan udara, katanya, tetapi "bahkan jika tidak ada peralatan yang tersisa di dalamnya" gedung tersebut akan memberikan "nilai intrinsik" untuk kegiatan terkait senjata nuklir di masa mendatang.

Albright mengatakan kepada Reuters bahwa citra satelit komersial Parchin memperlihatkan Israel merusak tiga bangunan sekitar 350 yard (320 m) dari Taleghan 2, termasuk dua bangunan yang dicampur bahan bakar padat untuk rudal balistik.



Ia tidak menyebutkan nama perusahaan komersial tempat ia memperoleh citra tersebut.

Melansir Al Arabiya, Eveleth mengatakan citra Parchin dari Planet Labs, sebuah perusahaan satelit komersial, memperlihatkan Israel menghancurkan tiga bangunan pencampuran bahan bakar padat rudal balistik dan sebuah gudang di kompleks yang luas itu.

Citra Planet Labs juga memperlihatkan serangan Israel menghancurkan dua bangunan di kompleks Khojir tempat bahan bakar padat untuk rudal balistik dicampur, katanya.

Bangunan-bangunan itu dikelilingi oleh tanggul tanah yang tinggi, menurut citra yang ditinjau oleh Reuters. Struktur seperti itu terkait dengan produksi rudal dan dirancang untuk menghentikan ledakan di satu bangunan agar tidak meledakkan bahan yang mudah terbakar di bangunan di dekatnya.

"Israel mengatakan mereka menargetkan bangunan yang menampung pencampur bahan bakar padat," kata Eveleth. "Pencampur industri ini sulit dibuat dan dikendalikan ekspornya. Iran mengimpor banyak rudal selama bertahun-tahun dengan biaya yang besar, dan kemungkinan akan kesulitan untuk menggantinya.”

Dengan operasi yang terbatas, katanya, Israel mungkin telah memberikan pukulan telak terhadap kemampuan Iran untuk memproduksi rudal secara massal dan mempersulit serangan rudal Iran di masa mendatang untuk menembus pertahanan rudal Israel.

“Serangan itu tampaknya sangat akurat,” katanya.

Axios melaporkan bahwa Israel menghancurkan 12 “pencampur planet” yang digunakan untuk memproduksi bahan bakar padat bagi rudal balistik jarak jauh, mengutip tiga sumber Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan hal ini sangat merusak kemampuan Iran untuk memperbarui persediaan rudalnya dan dapat menghalangi Iran dari serangan rudal besar-besaran lebih lanjut terhadap Israel.

Iran memiliki persenjataan rudal terbesar di Timur Tengah dan memasok rudal ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina, dan ke Houthi Yaman dan milisi Lebanon Hizbullah, menurut pejabat AS.

Teheran dan Moskow membantah bahwa Rusia telah menerima rudal Iran.

Citra Planet Labs yang ditinjau awal tahun ini oleh Eveleth dan Jeffrey Lewis dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey menunjukkan perluasan besar di Khojir dan kompleks militer Modarres dekat Teheran yang dinilai oleh keduanya untuk meningkatkan produksi rudal.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More